RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Publik sepa kbola DIJ akan disuguhi kompetisi pra-musim yang melibatkan klub-klub ISL, Divisi Utama, dan Liga Nusan-tara. Kompetisi yang bertajuk Piala Kapolda DIJ itu rencananya akan digelar Februari mendatang dan diikuti delapan tim.

Koordinator Panitia Pelaksana Piala Kapolda DIJ R Soejoso WS mengatakan, delapan klub yang rencananya akan ambil bagian yaitu PSIM Jogja, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persebaya Sura-baya, Persikama Magelang, Per-sita Tangerang. Sedangkan dari klub ISL adalah Perseru Serui dan klub juara Liga Nusan tara 2016 PSN Ngada. Satu tim seba-gai cadangan jika ada yang me-ngun durkan diri adalah Persijap Jepara.

“Kami sebenarnya ingin juga mengundang juara ISC-B 2016 PSCS Cilacap. Tapi mereka me-nolak ikut serta dan kami me-nerima alasannya,” jelas Soe-joso.Sedangkan Perserui men-jadi satu-satunya tim ISL yang bersedia ambil bagian. Semen-tara lainnya beralasan penye-lenggaraan turnamen sangat me pet dengan ISL.

Yossi- sapaan Soejoso menye-butkan, pihaknya telah men dapat lampu hijau dari Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri untuk menggelar kompetisi tersebut. Sedangkan mengenai kepastian tang gal pelaksanaan, akan me-nunggu hasil dari Kongres PSSI yang akan digelar akhir pekan ini (8/1) di Bandung. Namun se bagai gambaran awal, waktu kom petisi digelar 10 hari dan di gelar di Maguwoharjo Interna tional Sta-dium (MIS), Sleman. “Jadi nanti-nya delapan tim akan di bagi dua grup, dan masing-ma sing grup diisi empat tim. Pe ringkat satu dan dua dari masing-masing grup akan masuk semifinal dan pe-menangnya ke final,” paparnya.

Ia berharap, dengan adanya kompetisi tersebut, selain men-jadi persiapan klub menghada-pi liga resmi 2017, juga mening-katkan gengsi tim-tim Divisi Utama. Terlebih menurutnya, setelah lepas dari sanksi pem-bekuan, animo sepak bola di tanah air sangat besar. “Kami berharap kegiatan ini bisa ter-laksana dengan baik. Selanjutnya kami tinggal meminta restu dan menjalin komunikasi dengan pihak Asprov PSSI DIJ sebagai yang punya rumah,” imbuhnya.

Sekum Asprov PSSI DIJ Dwi Irianto mengakui, pihak panpel Piala Kapolda DIJ telah mem-beritahu rencana kompetisi ter-sebut secara lisan. Pada pinsip-nya pihaknya menyambut posi-tif adanya turnamen tersebut. “Selanjutnya kami tinggal tung-gu pemberitahuan tertulis se-cara resmi dari panpel,” ujarnya.

Ketua Umum PSIM Jogja Agung Damar Kusumandaru juga me-ngaku telah mengetahui dan di hubungi dari pihak panpel. Na mun mengenai keikutsertaan Laskar Mataram dalam kom petisi tersebut masih akan dikoordi-nasikan dengan pihak mana jemen dan pelatih. “Kami sudah dika-bari, dan baru akan ka mi rapat-kan,” tuturnya. (riz/din/ong)