RADARJOGJA.CO.ID-Jelang kompetisi musim 2017, bakal banyak turnamen pemanasan. Jika PSSI berencana menghidupkan Piala Kemerdekaan, kemudian Bali Islan Cup, di DIJ ada Piala Kapolda DIJ.

Turnamen yang pertama kali digelar ini, akan mulai kick off, Februari mendatang dengan delapan tim peserta.

Koordinator Panitia Pelaksana Piala Kapolda DIJ R Soejoso WS mengatakan, pihaknya telah mengundang PSIM Jogja, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, Persikama Magelang, Persita Tangerang dari Divisi Utama. Sedangkan dari klub ISL adalah Perseru Serui dan klub juara Liga Nusantara 2016 PSN Ngada. Satu tim sebagai cadangan jika ada yang mengundurkan diri adalah Persijap Jepara.

“Kami sebenarnya ingin juga mengundang juara ISC-B 2016 PSCS Cilacap. Tapi mereka menolak ikut serta dan kami menerima alasannya,” jelas Yosi, sapaan akrabnya.

Sedangkan Perserui menjadi satu-satunya tim ISL yang bersedia ambil bagian. Sementara lainnya beralasan penyelenggaraan turnamen sangat mepet dengan ISL.

Lampu hijau dari Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri untuk menggelar kompetisi tersebut telah mereka kantongi. Sedangkan mengenai kepastian tanggal pelaksanaan, akan menunggu hasil dari Kongres PSSI yang akan digelar akhir pekan ini (8/1) di Bandung. Namun sebagai gambaran awal, waktu kompetisi digelar 10 hari dan digelar di Maguwoharjo International Stadium (MIS), Sleman.

“Jadi nantinya delapan tim akan dibagi dua grup, dan masing-masing grup diisi empat tim. Peringkat satu dan dua dari masing-masing grup akan masuk semifinal dan pemenangnya ke final,” paparnya.

Ia berharap, dengan adanya kompetisi tersebut, selain menjadi persiapan klub menghadapi liga resmi 2017, juga meningkatkan gengsi tim-tim Divisi Utama. Terlebih menurutnya, setelah lepas dari sanksi pembekuan, animo sepak bola di tanah air sangat besar.

“Kami berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Selanjutnya kami tinggal meminta restu dan menjalin komunikasi dengan pihak Asprov PSSI DIJ sebagai yang punya rumah,” imbuhnya.

Sekum Asprov PSSI DIJ Dwi Irianto mengakui, pihak panpel Piala Kapolda DIJ telah memberitahu rencana kompetisi tersebut secara lisan. Pada pinsipnya pihaknya menyambut positif adanya turnamen tersebut.

“Selanjutnya kami tinggal tunggu pemberitahuan tertulis secara resmi dari panpel,” ujarnya. (riz/eri)