Pada 2017, agenda ngelencer dewan mencapai 214 hari. Sedangkan hari kerja efektif setahun 225 hari. Belum lagi jika ditambah dengan fasilitasi, bisa dibayangkan waktu yang tersisa bagi dewan berkantor di gedung parlemen.

JOGJA – Dalam rapat konsultansi pimpinan dewan dengan pimpinan fraksi DPRD DIJ kemarin (3/1), dibahas agenda dewan pada 2017 ini. Ada tiga agenda pada Januari yang siap diluncurkan.

Tiga agenda itu meliputi pembahasan Pokok-Pokok Pikiran DPRD, pengawasan kerja sama dengan PT Jogja Tugu Trans (JTT), dan pe ngawasan terkait keistimewaan DIJ

Di luar ketiga agenda tersebut, rapat konsultasi juga diwarnai perdebatan antarbeberapa pim-pinan fraksi. Perdebatan me-nyangkut agenda fasilitasi dengan kementerian dalam negeri (Ke-mendagri). Fasilitasi merupakan tindak lanjut dari Permendagri No 80 Tahun 2015.

Setiap produk hukum dewan dan pemprov harus lebih dulu difasilitasi dengan kemendagri. Tahapannya sebelum produk hukum seperti perda disetujui bersama antara gubernur dengan DPRD. Hanya, persoalannya sepanjang 2016, perda maupun perdais yang dihasilkan dewan dan pemprov belum sekalipun melalui tahapan tersebut.