RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Calon Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) meminta maaf kepada wisatawan maupun masyarakat Jogja jika pada libur akhir tahun lalu masih terdapat kekurangan. Termasuk penanganan sampah di kawasan Malioboro.

“Saya minta maaf jika saat malam tahun baru kemarin masih banyak sampah berserakan, begitu banyaknya orang yang datang sulit mengaturnya,” ujar HS saat menghadiri deklarasi Gerakan Masyarakat Sadar Kota Sehat di kawasan Titik Nol Kilometer, Jogja, kemarin (2/1).

Meskipun begitu, HS juga mengapresiasi gerakan yang dilakukan beberapa komunitas seperti Jogja Garuk Sampah yang memunguti sampah. “Gerakan dari masyarakat itu menjadi cambuk bagi pemerintah,” lanjutnya.

Sebagai mantan wali kota Jogja periode sebelumnya, HS mengetahui persis konsep penataan kawasan Malioboro, termasuk Titik Nol Kilometer hingga Keraton Jogja. Menurutnya, masih ada kelanjutan revitalisasi setelah selesainya revitalisasi sisi timur Malioboro tahun ini. “Masih akan ditata lagi, termasuk penambahan toilet underground dan tempat sampah,” ujarnya.

Penanganan sampah memang menjadi salah satu perhatian HS yang dalam Pilwali 2017 nanti berpasangan dengan Heroe Poerwadi. Untuk itu, nantinya HS mengatakan akan mengajak komunitas, masyarakat, termasuk PNS di semua SKPD Pemkot Jogja untuk mengolah sampah. Terlebih dalam sehari sampah di Kota Jogja mencapai 250 ton. (pra/laz/ong)