RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Ungkapan itu yang tepat pada kasus pencurian sepeda motor di Duisun Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Slemab, kemarin (2/12) pagi.

Seorang penghuni kos, Dony, kehilangan motor lantaran lupa mengunci stang sepeda motornya. Motor jenis Yahama Vixion itu raib saat diparkir di depan kamar kos pada malam baru.

“Korban mengetahui kendaraanya hilang saat hendak memasukkan ke dalam rumah pukul 04.00,” jelas Kapolsek Gamping Kompol Herwinedi.

Dijelaskan, biasanya korban selalu memarkir kendaraan di dalam rumah. Namun kemarin saat memarkir motornya di depan kamar, korban lupa mengunci stang. Korban mengaku terlamnat memasukkan ke rumah karena ketiduran.

Perwira menengah dengan melati satu di pundak ini mengatakan, setelah medapatkan laporan kehilangan, petugas Unit Reskrim lalu olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan sejumlah saksi maupun rekan korban. “Saat ini sedang dalam penyelidikan kami,” jelasnya.

Dijelaskan, kasus pencurian akibat kelalaian pemilik kendaraan kerap kali terjadi. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengunci stang apabila memarkir kendaraan.

Bagi penghuni kos, diimbau untuk memilih hunian yang memiliki pintu garasi dan pintu yang dapat terkunci. Bila perlu, kos memiliki alat keamanan tambahan seperti closed circuit television (CCTV). “Keberadaan CCTV dapat membantu penyidik bila terjadi kasus kriminal,” jelasnya. (bhn/laz/ong)