RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2017, Kabupaten Bantul menginginkan hasil yang maksimal. Karena itu sejak awal tahun, masing-masing cabang olahraga diharapkan bisa mempersiapkan diri dengan merancang program latihan.

Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Pora) Kabupaten Bantul Supriyanto Widodo mengatakan, pihaknya telah meminta kepada seluruh pengurus cabor untuk segera membuat program latihan sebagai persiapan menghadapi Porda.

Program tersebut diharapkan bisa dibuat lengkap dengan jadwal latihan dan progres capaian hasil latihan para atlet. Pihaknya mengungkapkan, sejauh ini belum banyak cabor yang menyerahkan laporan program latihan. “Terakhir yang sudah lengkap baru Perserosi,” ujarnya.

Sementara cabor lain dia meminta segera menyiapkan program dalam waktu dekat. Sebagai gambaran, program tersebut berisi meliputi latihan fisik, teknik sampai dengan rencana ujicoba dan evaluasi. “Kami menghendaki jauh hari sudah dipersiapkan. Sehingga ada waktu pemantauan dan evaluasi. Apa yang masih kurang bisa segera diperbaiki,” tambahnya.

Menurutnya, waktu sembilan bulan sebelum dimulainya Porda 2017 bisa menjadi waktu yang cukup bagi masing-masing cabor yang turun di Porda sebagai waktu persiapan. Sehingga, pada harinya nanti tidak ada alasan waktu persiapan yang mepet dan atlet semua siap merebut medali.

Ketua Perserosi Bantul Edy Sunaryono mengatakan, pengurus memang telah membuat program latihan sejak tiga bulan pertama sampai dengan hari kejuaraan dimulai. Tak hanya itu, setiap atlet juga akan dipantau teliti sehingga akan diketahui progres selama latihan. “Ada raportnya, sehingga bisa tahu kekurangan dan kelemahan yang bisa diperbaiki,” jelasnya. (riz/din/ong)