RADARJOGJA.CO.ID – KULONPROGO – Pemkab Kulonprogo sukses menggelar acara pergantian tahun di Waduk Sermo pada Sabtu (31/12) malam. Ribuan warga bertahan menyaksikan sajian kesenian yang dikemas menarik.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kulonprogo Krissutanto mengatakan acara ini merupakan kali pertama digelar di Waduk Sermo. Sesuai harapan, semua berjalan sukses dan lancar.

“Target awal tercapai, ribuan pengunjung datang. Tak hanya dari Kulonprogo, tetapi juga dari luar daerah,” kata Krissutanto.

Waduk Sermo tahun ini dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri. Memiliki area wisata luas juga sangat representatif untuk menggelar acara.

“Pertunjukkan jatilan, tarian angguk, krumpyung, keroncong dan fashion show berlangsung menarik. Ini upaya promosi yang berhasil,” kata Krissutanto.

Waduk Sermo merupakan waduk satu-satunya di DIJ. Hal itu menjadi pertimbangan dipilihnya Waduk Sermo menjadi lokasi perayaan tahun baru. Mendukung pengembangan wisata Bukit Menoreh, Waduk Sermo tak hanya kaya pemandangan, tetapi juga kuliner.

“Sangat cocok untuk wisata keluarga. Bagi yang gemar olahraga bersepeda, jalur dan alam yang ada sangat elok. Pulang ingin bawa oleh-oleh juga banyak dan harga terjangkau,” ujar Krissutanto. Mulai 2017 objek wisata yang belum tergarap akan mulai dimaksimalkan. Menyambut bandara Temon dan koneksitas dengan Borobudur atau objek wisata lain di Jawa Tengah segera dibuka.

“Perayaan malam tahun baru berikutnya akan digelar di tempat yang berbeda. Bergantian, sehingga semua bisa merata,” tandas Krissutanto.

Pj Bupati Kulonprogo Budi Antono yang ikut hadir berharap apa yang telah dilaksanakan bisa menjadi pelecut semangat memasuki 2017. Dia meminta semua pihak menyukseskan Pilkada Kulonprogo 15 Februari 2017. Tetap menciptakan suasana kondusif. “Siapapun yang menjadi bupati adalah putra terbaik Kulonprogo,” kata Budi. (tom/iwa/mar)