Momen Meningkatkan Ukhuwah Antarumat

Tepat pada 1 Januari 2017, ribuan umat muslim dari Jawa Tengah dan Jogjakarta mengikuti salat subuh berjamaah di Masjid Agung Kauman, Kota Magelang. Momen awal tahun ini diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah antarumat Islam.

ADI DAYA PERDANA, Magelang

JAMAAH salat subuh meluber hingga gerbang pintu masuk Masjid Agung Kauman. Selain dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan DIJ, ada jamaah yang datang dari Provinsi Banten. Be-berapa jamaah bahkan ada yang tiba di Kota Magelang sejak malam sebelum pergantian tahun baru.

Masjid yang berdekatan dengan Alun-Alun Magelang ini memiliki kapasitas ribuan. Namun, pada pagi tadi (kemarin) tak mampu menampung jamaah. Tak ayal, sebagian salat di halaman parkir masjid dengan beralaskan tikar. Usai salat ber-jamaah, acara dilanjutkan Silaturahmi Apel Siaga Umat Islam di Alun-Alun Kota Magelang.

“Jamaah yang hadir kali ini tidak seperti biasanya. Jika biasanya mereka salat di mu-sala atau masjid masing-masing. Tapi, kali ini berkumpul di Masjid Kauman, jadi satu. Semoga setiap langkah jamaah men-jadi amal soleh,” kata salah satu panitia M. Tohir Palisoa, kemarin (1/1).