Warga Patehan Buatan Website Sistem Informasi Warga

RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA– Atas dasar pertimbangan pengarsipan RT dan RW yang dinilai belum memadai, membuat warga Patehan, Kraton menginisiasi pembuatan website Sistem Informasi Warga atau SiWarga, yang bisa diakses melalui www.siwargapatehan.co.id. Warga dapat mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan kapan dan dari mana saja.

Akses melalui website tersebut juga untuk mengatasi hambatan kesibukan pengurus RT atau RW. Menurut salah seorang pembuat web, Irvan Yudatoro, latar belakang didirikan website ini karena ada rasa keprihatinan akan standar administrasi RT/RW yang dirasa kurang memadaai. Selain itu juga untuk mengatasi mobilitas pengurus RT/RW yang tinggi. “Ada beberapa pengurus RT/RW yang memiliki mobilitas yang tinggi. Sehingga tidak sempat melayani di tempat tinggal mereka,” ujar Irvan yang juga menjabat sebagai ketua RT saat peluncuran SI Warga beberapa waktu lalu.

Irvan menjelaskan fungsi utama sistem informasi warga (SiWarga) kelurahan Patehan itu adalah mempercepat dan mempermudah proses pembuatan dokumen pengantar RT/RW sampai ke tingkat kelurahan. SiWarga juga dapat mengarsipkan tanpa kertas sebuah dokumen , dan dilakukan dimanapun dan kapanpun .

Antonius Sasongko Wahyu Kusumo, yang juga ikut menginisiasi pembuatan web, menambahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir smeua kalangan warga sudah memiliki gadget. Dengam pembuatan SiWarga, warga bisa mengurus keperluan administrasi tanpa harus menunggu kedatangan Ketua RT/RW. “Apabila warga ingin meminta surat pengantar untuk pembuatan SKCK atau pembuatan KTP misalnya, tinggal klik saja,” jelasnya.

Koko,sapaanya, di dalam web warga juga bisa mengontrol jalannya pemerinthan di tingkat terendah, dengan menampilkan daftar nama aparat kelurahan, pengurus RW/RT, pengurus PKK RW/RT. Begitu pula pada menu Kependudukan, warga dapat melihat Kartu Keluarga hingga daftar warga kos. “Pada intinya kami memberikan kemudahan bagi warga, yang makin akrab dengan IT,” ungkapnya.

Penjabat Wali Kota Jogja Sulistiyo, mengatakan keberadaan website yang dibangun di Kelurahan Patehan, Kraton ini menginisiasi kegiatan dan aktivitas masyarakat agar lebih efektif, efisien dan ada keterbukaan atas apa yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan di level yang paling bawah. “Ini sangat bagus dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh warganya . Ini juga sangat membantu kecepatan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sulistiyo berharap waraga masyarakat dapat terlayani dengan sebaik-baiknya, dan tidak bergantung pada waktu, dan dapat dilakukan kapanpun, karena dapat dimonitor melalui website oleh para RW dan warganya. “Pas ada di jagongan atau di mana pun bisa melihat. Ternyata ada warga yang minta surat keterangan. Kecepatan pelayanan terhadap warga. Itulah yang paling bisa dinikmati,” tuturnya. (pra/din/ong)