RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO-Penggalian pondasi pembangunan rumah milik Juneng 50, warga RT 5 RW 3 Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno, Purworejo terhenti, kemarin (1/1). Sebuah benda antik berbentuk bulat sebesar bola tenis ditemukan pekerja saat dilakukan penggalian.

Adanya temuan ganjil yang diduga granat itu sontak menimbulkan pertanyaan dari pekerja dan pemilik rumah. Takut terjadi hal yang tidak diinginkan, adanya temuan itu kemudian dilaporkan kepada pihak berwajib.

Kapolsek Bruno AKP Mahmoyo menceritakan benda tersebut ditemukan pada kedalaman 1 meter. Benda tersebut diambil petugas untuk dilakukan pengecekan. “Benda itu diduga granat jenis manggis,” ungkap Mahmoyo.

Diperkirakan benda itu merupakan peninggalan granat pasca perang kemerdekaan RI karena sudah berkarat dan sulit dideteksi. Saat ditemukan, granat tidak lagi memiliki pematik.

“Belum bisa dipastikan apakah benda itu masih aktif atau tidak karena belum dilakukan penanganan oleh petugas penjinak bom,” imbuh Mahmoyo.

Untuk sementara waktu, granat itu diamankan ke tempat yang aman dan dijaga oleh petugas dari Polsek dan Koramil Bruno. Penanganan lebih lanjut masih menunggu petugas penjinak bom dari Brimob Kutoarjo.

“Kita amankan dulu, dari Brimob nanti yang akan melakukan pengecekan lebih jauh,” imbuh Mahmoyo. (udi/ong)