RADARJOGJA.CO.ID – LUAS Kabupaten Gunungkidul hampir sepertiga wilayah Pro-vinsi DIJ. Daerah ini menjadi sa-lah satu tujuan wisata terfavorit selain Keraton Jogja, karena keindahan alamnya. Sangat layak untuk dikunjungi

Begitu memasuki Gunung Sewu dari arah barat, pengunjung disuguhi pesona alam menyak-sikan Kota Jogja dari atas keting-gian Bukit Patuk. Begitu banyak tempat yang bisa dieksplorasi di Bumi Handayani ini.

Misalnya Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran, pusat kerajinan batik kayu Desa Wisata Bobung, lalu istirahat sejenak di Kampung Emas. Kampung yang dikenal dengan desa wisata kuliner itu belum lama ini didaulat sebagai juara satu festival kuliner tingkat Pro-vinsi DIJ 2016. Konsep makan pedesaan di tengah areal per-sawahan dan reservasi sebelum datang.

Perjalanan selanjutnya bisa menuju Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo. Dikenal sebagai tempat susur gua bawah tanah dengan media pelampung. Selesai basah-basahan di Gua Pindul, pengunjung bisa mampir ke “Walang Kaos” yang menydiakan kaos oleh-oleh khas Gunungkidul di Jalan Ring Road Utara Km 41, Kajar, Wonosari.

Dengan sebuah toko di jalur menuju objek wisata Gua Pindul, diharapkan bisa menjadi arena berburu kaos khas Gunungkidul sehingga berwi-sata lebih berkesan.

“Ini bukan hanya usaha pri-badi kami, namun memberda-yakan pengusaha kaos. Kami ajak bergabung dan mari kita berjua-lan bersama,” kata Kendra, owner Walang Kaos Gunungkidul.

Nama-nama destinasi wisata Gunungkidul sendiri mulai ngehits sekitar 2004 lalu. Sekarang tem-pat piknik menyebar mulai zona timur, barat, utara, hingga sela-tan. Di bagian selatan, lebih dulu pengunjung akrab dengan pantainya.Tentu liburan ke Kota Gaplek tidak selesai dijelajahi dalam se-hari. Namun jika tetap ingin me-rasakan Gunungkidul secara utuh dalam tempo singkat juga bisa.

“Belum lama ini kami bersama agen travel dan wisatawan melaksanakan famtrip Gunung-kidul. Star dari Kampung Emas berakhir di Pantai Wediombo,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbubpar) Gunungkidul Saryanto.

Perjalanan menuju gua, air terjun atau ke pantai terasa kurang kalau tidak ngemil. Di sepanjang jalan Kota Wonosari dapat sing-gah ke pusat oleh-oleh makanan khas. Ada walang goreng, jangkrik goreng, dan tiwul. Varian tiwul beragam, ada rasa coklat, keju, nangka, bahkan ada toping kopi tiwul.

Lokasi tiwul ini berada di Jalan Baron Km 4.Sampailah di pesisir.Di tempat ini ada surving dan snorkeling. Surfing di Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Kemudian snorkeling bisa menjajal sensasi Pantai Nglambor. Salah satu penyedia jasa snorkeling yang banyak digandrungi wisatawan adalah Bintang Nglambor Snorkeling (BNS).

Kemudian untuk menikmati sunset bisa menjajal Pantai Nampu, Desa Balong, yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Wediombo.

Kalau masih belum puas, masih begitu banyak tempat indah yang bisa diekspolrasi seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, dan Gua Jomblang. Gua Jomblang dikenal sebagai hutan purba dan “cahaya surga” di perut bumi, dan masih banyak lagi.Sebuah perjalanan menyusuri pesona Gunung Sewu. Perlunya pembuktian sendiri keindahan-nya. (gun/laz/ong)

[ad id=”38971″]