RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Tidak hanya berpindah kota dari Malang ke Jogjakarta, Bimasakti juga mengganti namanya. Setelah resmi berpindah kepemilikannya, Bimasakti akan mengubah nama klub menjadi Bima Perkasa Jogjakarta. Selain pergantian nama, Andika Bastian Kosasih juga ditunjuk sebagai pelatih kepala Bima Perkasa. Ia menggantikan duet pelatih sebelumnya Oei A Kiat dan Iwan Muryawan.

Manajer Bima Sakti Andreas Kobo mengatakan, Andika sudah berada di Jogjakarta dan sudah memimpin latihan perdana dengan pemain di GOR Klebengan, Rabu pagi (30/11). Penunjukan Andika menurutnya pemilihan yang tepat. Mengingat dia termasuk pelatih berpengalaman.

Sebelumnya Andika sempat melatih Tim Nasional (Timnas) U-16, Universitas Atma Jaya dan sempat menjabat ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Pusat. “Ia sudah menyiapkan program untuk latihan tim. Rencananya latihan digelar di GOR Klebengan lima hari dalam satu minggu,” katanya kemarin (30/11).

Dalam latihan tersebut, pemain lawas Yanuar Dwi Priasmoro masih ditunjuk menjadi kapten tim untuk mengarungi IBL musim depan. Ia dipertahankan tetap ada di dalam tim dan diharapkan bisa memberikan pengalaman pada semua pemain. “Dia salah satu andalan kami untuk main di IBL musim depan, dan dengan pengalamannya saya kira dia bisa memimpin dan sangat pas lah,” kata Andika.

Kehadiran Bima Perkasa di DIJ, diharapkan Andika bisa menjadi inkubator lahirnya para pemain muda berkualitas di Kota Pelajar. Keinginan tersebut juga selaras dengan visi Bima Perkasa sejak diambil alih dr. Edi Wibowo dari pemilik lama. “Kami semua dan terutama owner berharap, klub ini bisa menjadi kebanggan warga Jogjakarta. Selain itu juga bisa mewadahi bakat-bakat pebasket lokal agar bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” tandasnya. (riz/din/ong)