Penyerahan PPID Award 2016 di Gedung Kaca, Kamis (28/11). (Foto: Hendri Utomo/Radar Jogja Online)
RADARJOGJA.CO.ID – KULONPROGO – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kulonprogo menggelar PPID Award 2016. Gelaran itu untuk memotivasi badan publik di pemkab menerapkan keterbukaan informasi sesuai UU 14/2008.

Penghargaan diberikan kepada lima PPID Pembantu. PPID Pembantu Terbaik yakni Bappeda, Dinas Kesehatan, Kecamatan Girimulyo, Dinas Pendidikan dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung Kaca, Kompleks Setda Kulonprogo (28/11). Hadir Kepala Bagian TI dan Humas Ariadi selaku Ketua Penyelenggara PPID Award 2016. Asisten Pembangunan Triyono, mewakili Penjabat Bupati Kulonprogo dan Komisioner Komisi Informasi Publik DIJ.

Ariadi menjelaskan penghargaan diberikan dengan kriteria penilaian yang hampir sama dengan PPID Award Pusat maupun provinsi. “Kami seleksi webnya, pelaksanaan informasi maupun inovasi masing-masing PPID dan respons aduan,” kata Ariadi.

Pertanyaan dan aduan masyarakat secara online juga terakses di PPID Utama, KemenPAN RB dan ke Sekretariat Kepresidenan. Diakui ada beberapa yang dinilai kurang aktif, karena ada beberapa hambatan, salah satunya karena kapasitas SDM.

Aduan melalui online sangat baik membangun komunikasi dengan masyarakat. Award ini juga akan memacu PPID Utama dan PPID Pembantu sehingga semakin baik.

“Diharapkan, era keterbukaan informasi ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga tidak ada kebuntuan informasi dari pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya. (tom/iwa/mar)