RADARJOGJA.CO.ID – Potensi transaksi online di Indonesia mencapai Rp 394 triliun Semua itu terjadi sejak Teknologi Informasi (TI) berkembang cepat. Ini ditandai kehadiran start up yang fenomenal dan maraknya bisnis online.

Di sisi lain, Pemilik Ceraproduction.com Rizal Kasim melihat maraknya bisnis online mengubah gaya hidup masyarakat yang lebih menyukai melakukan aktivitas bisnis (perdagangan) secara modern. Termasuk di antaranya menggunakan perangkat ponsel cerdas yang dimiliki.

“Semua itu memacu kami bersama beberapa rekan membuka usaha penyediaan merchandise atau souvenir untuk beberapa perusahaan ternama di Indonesia,” kata Rizal yang juga alumni Wirausaha Muda Mandiri (WMM), saat diskusi bertema ‘Menumbuhkembangkan Kewirasahaan Baru Berbasis Digital’, di Hotel Grand Tjokro, Selasa 29/11).

Pria lulusan Amikom Jogjakarta ini mengungkapkan, dirinya merintis usaha sejak 2011. “Kunci dari semua usaha termasuk di bidang digital adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen (solve the problem). Kami melihat usaha penyediaan souvenir bagi perusahaan peluangnya masih besar. Harus diakui, kami harus bersaing dengan perusahaan lain,” tegas Rizal yang juga pemenang dua WMM 2016 ini.

Rizal mengaki tidak mudah membangun bisnisnya. Ia harus menjalani seragkaian perjuangan, hingga berhasil menjaring perusahaan besar dan menjadi finalis WMM.

Investasi yang dilakukan Rizal adalah waktu, teknologi, dan orang-orang berkualitas. Selain itu adalah strategi meliputi kepercayaan, solusi, dan bisnis model. Sementara itu, Bisnis Support Manager Bank Mandiri Area Jogjakarta Ibnu Pramono menegaskan, Indonesia membutuhkan banyak wirausahawan (entrepreneur). Menurutnya, perseroan terus mendorong tumbuh kembang pengusaha muda di Indonesia. Karena, semakin banyak pengusaha, semakin baik fungsi perbankan sebagai lembaga keuangan.

Sejak 2007, Bank Mandiri meluncurkan program Wirausaha Muda Mandiri yang berfokus pada kompetisi dan apresiasi, pendidikan, dan pengembangan kewirausahaan, serta penyebaran virus kewirausahaan.

“Audience utama WMM adalah generasi muda. Kompetisi ini diikuti 36 ribu wirausawan muda dan 656 universitas,” jelasnya.

Selain dua narasumber tersebut, diskusi juga diisi pengurus Kadin DIJ Taufik Ridwan dan Dosen UII Santo Ajie Dhewanto ST MM.(hes/hes)