Sementara itu, calon Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HP) saat menyambangi petugas parkir di Taman Parkir Senopati Jogja berpesan agar bisa menyambut wisatawan dengan baik. Terutama menjelang wisata akhir tahun nanti.

Menurut calon nomor urut dua ini, keberadaan Taman Parkir Senopati dan petugas parkirnya memiliki peran strategis. Sebab menjadi jujugan parkir wisatawan yang hendak ke Taman Pintar maupun Malioboro, dan Keraton Jogja. Terlebih pada saat ini juga tengah berlangsung Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

“Bapak dan ibu nanti yang akan berhadapan langsung dengan wisatawan yang baru datang, pesan saya layani dengan baik,” pinta HS kepada petugas parkir dan penjual di Taman Parkir Senopati, kemarin (26/11).

Menurutnya, dalam membangun citra Jogja sebagai kota wisata, bukan hanya tugas Pemkot Jogja. Para pelaku wisata, termasuk yang ada di Senopati, sebut HS, juga memiliki tanggung jawab yang sama. Untuk itu, selain memberikan pelayanan terbaik, baik petugas parkir maupun penjual suvenir bisa menjadi guide wisata. “Kalau ada wisatawan yang tanya, jawab sebaik-baiknya, pasang harga jangan nuthuk,” pesannya.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan. Kendati wisatawan yang datang membawa sampah, namun harus diarahkan secara santun agar tidak dibuang sembarangan. “Wisatawan diingatkan baik-baik, supaya membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya. (bhn/pra/ila/ong)