RADARJOGJA.CO.ID – Federal International Finance (FIF) Group terus mengembangkan bisnisnya. Selain berbasis pada industri motor, dalam dua tahun terakhir ini, FIF Group juga fokus pada hand tractor dan kapal.

Meski belum memberikan kontribusi besar, dua bidang itu memiliki prospek yang bagus. Terutama di daerah-daerah centra pertanian dan pariwisata.

“Kami mengembangkan pembiayaan di bidang pertanian, yaitu hand tractor. Ternyata respons masyarakat cukup positif,” kata Direktur FIF Group Indra Gunawan, di sela Program CSR di SMKN 4 Kota Jogja, Sabtu (26/11).

Indra didampingi Marketing Manager FIF Group Jogjakarta I Bening Daru Saputro meneruskan, dalam setahun mampu memberikan pembiayaan 5 ribu hand tractor. Kini, setelah era Menteri Perikanan Susi, FIF Group melihat peluang pembiayaan kapal pariwisata. Ini sudah dilakukan di Bali dan kemungkinan akan dilakukan di tempat lain.

“Di tengah turunnya industri motor yang cukup tinggi, sampai 9 persen, bisnis pembiayaan kami masih 3 persen. Dengan pengembangan dan inovasi pembiayaan, termasuk pembiayaan untuk naik haji dan umroh, kami berharap bisnis FIF Group tetap bagus,” katanya.

Dalam kunjungan ke Jogjakarta ini, Indra Gunawan menutup program pelatihan guru bagi 200 guru SMA dan SMK di SMKN 4 Kota Jogja. Program ini berbarengan dengan Hari Guru Nasional. Para guru tersebut dibekali mengenai pengetahuan tentang software serta aplikasi pembuatan animasi drawing.

“Kami juga meluncurkan video inspirasiku yang dilatarbelakangi kisah nyata salah seorang guru di Jogjakarta. Video tersebut telah dibagikan pada 100 ribu netizen, dan ini menandakan semua telah memberikan sumbangsih bantuan Rp 50 juta bagi guru di wilayah pra sejahtera melalui FIF Group,” katanya.

Ditambahkan Indra, FIF Group komit mendukung kecerdasan bangsa melalui kegiatan CSR FIF Group Peduli. “Kami rutin mengadakan program pelatihan bagi guru. FIF Group memiliki empat program CSR, yaitu pendidikan, kesehatan, IGA(pelatihan pada usaha kecil, dan lain-lain), dan lingkungan hidup,” katanya.

Pilihan pada guru, ungkap Indra, karena para pendidik sangat familiar bagi semua orang. Sedangkan pengorbanan para guru juga sangat besar, karena mendidik siswa dan generasi mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Edy Hery Suasana mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif dari FIF Group dalam membantu mendukung peningkatan kompetensi dan skill para guru di Kota Jogja. Dinas Pendidikan juga mendukung program video inspirasiku yang sedang diselenggarakan oleh FIF Group.

Head of Marketing Communication FIF Group Theresia Muliani menambahkan, ide dibalik video insipartional yang dilakukan adalah bagaimana mengajak masyarakat terlibat langsung dalam kepedulian terhadap para guru dan sesama.

“Dengan melibatkan masyarakat, artinya mereka juga peduli terhadap kesejahteraan para guru, khususnya mereka yang berada di daerah terpencil,” katanya.

FIF sendiri merupakan anak perusahaan Group Astra yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi PT Astra Honda Motor Tbk, anak perusahaan PT Astra International Tbk. FIF Group merupakan group manajemen dari FIFASTRA untuk pembiayaan, SPEKTRA untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, AFTRA melayani pembiayan kendaraan roda empat, dan AMITRA yang melayani pembiayaan syariah.(hes/dem)