RADARJOGJA.CO.ID – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memberikan dukungannya terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Sebelumnya, manajemen telah menyerahkan Beasiswa Bakti BCA pada mahasiswa berprestasi. Mulai Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sriwijaya, hingga Universitas Sam Ratulangi. Jumat ini (25/11), BCA melanjutkan pemberian beasiswa pada mahasiswa berprestasi dari Universitas Gadjah Mada, DIJ. Beasiswa Bakti BCA yang diserahkan senilai Rp500 juta dan diberikan secara simbolis oleh Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Jogjakarta Saswito Tjoe pada Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi di BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Jogjakarta.

Saswito mengatakan, program Beasiswa Bakti BCA hadir sebagai wujud nyata komitmen BCA mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan SDM di Indonesia. Bentuknya berupa pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang memerlukan dukungan finansial untuk secara optimal menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri. Salah satunya Universitas Gadjah Mada.

“BCA percaya mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus didukung pengembangannya. Mahasiswa yang ke depannya memasuki dunia kerja akan bersaing melawan SDM bangsa lain. Terutama memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN,” katanya.

BCA berharap Beasiswa Bakti BCA dapat turut mendukung upaya bersama meningkatkan daya saing serta kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Beasiswa Bakti BCA sudah hadir sejak 1999 sebagai dukungan BCA terhadap mahasiswa berprestasi yang membutuhkan dukungan secara finansial untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya. Tercatat pada 2014, dana dialokasikan untuk program Beasiswa Bakti BCA senilai Rp3,8 Miliar dan diserahkan kepada 16 perguruan tinggi negeri. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 4,1 Miliar pada 2015 dan ditingkatkan pada 2016 sebesar Rp 4,25 Miliar.

Jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 481 mahasiswa. Untuk tahun ajaran 2015/2016 diserahkan bagi 554 mahasiswa, serta 588 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2016/2017.

Dukungan yang BCA berikan kepada mahasiswa berprestasi tidak berhenti pada dukungan materiil. BCA secara aktif memperlengkapi mahasiswa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi.Penerima beasiswa dari Universitas Gadjah Mada berkesempatan mendapatkan sharing langsung dari manajemen BCA serta almamater Universitas Gadjah Mada yang sukses meniti karir di BCA.

“Kami berharap pemberian beasiswa dan pembekalan dari manajemen BCA bermanfaat bagi mahasiswa, sehingga mampu bersaing setelah menyelesaikan studi di jenjang universitas, baik dalam dunia profesi maupun wirausaha,” lanjut Saswito.

Sebelumnya, ada 2015 BCA turut mewujudkan kepeduliannya terhadap pengembangan fasilitas pendidikan di Universitas Gadjah Mada melalui penyerahan donasi senilai Rp2 miliar untuk perbaikan Gedung Perpustakaan Pusat. Dukungan BCA untuk memberikan donasi perbaikan Gedung Perpustakaan Pusat UGM merupakan bentuk wujud nyata kepedulian dalam mengembangkan pendidikan bagi putra-putri bangsa.(hes/dem)