RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Gama FC sudah dipastikan tersingkir dari Liga Nusantara 2016 setelah menderita dua kekalahan beruntun. Namun menghadapi Pelangi Utara, Kalimantan Utara, di Stadion Sultan Agung, Bantul, mala mini, mereka tetap akan bermain ngotot. Sebab mereka tak ingin berakhir sebagai pengisi posisi buncit klasemen.

Pelatih Gama FC Ixsan Fajar mengatakan, pertandingan terakhir tersebut memang sudah tidak menentukan. Namun dia tetap menginstruksikan anak asuhnya bermain menyerang untuk memburu poin perdana. “Sebagai tuan rumah kami harus meraih poin untuk menghindari posisi juru kunci. Karena itu pertandingan nanti kami harus menang,” katanya.

Mengenai calon lawannya, meskipun sama-sama sudah tidak berpeluang, Pelangi Utara juga tak mau dianggap remeh. Kondisi nothing to lose menurutnya membuat permainan lawan justru akan lebih lepas. Hal itulah yang justru diwaspadai pemain-pemainnya. “Kami tentu ingin menghibur publik tuan rumah. Karena itu kami tetap bermain serius,” imbuhnya.

Mengenai strategi mengatasi lawan asal ujung utara Indonesia itu, ia tidak akan mengubah banyak komposisi pemain yang biasa mengisi starting line-up. Namun beberapa pemain yang tidak dalam kondisi fit akan dilihat pada latihan terakhir. Termasuk pemain yang diturunkan sejak menit awal.

Saat melawan Persipal Palu, dua pemain inti absen karena cedera. Ia berharap di laga terakhir nanti telah pulih. Selain itu, melihat potensi sejumlah pemain muda yang ada di skuadnya, Ixsan siap untuk memberi kesempatan agar memiliki pengalaman bertanding di level nasional.

“Ada banyak pemain muda yang kami miliki. Untuk itu, kami ingin memberi bekal pengalaman demi karir jangka panjang mereka,” jelasnya.

Di pertandingan sebelumnya, Donny Hermawan dkk takluk dari Persipal Palu dengan skor 1-2. Hasil tersebut patut disayangkan sebab lawan bermain dengan 10 pemain sejak menit 42 setelah pemain belakang Murdaim harus lebih dulu menuju ruang ganti setelah mendapat kartu kuning kedua.

Gol-gol Persipal dicetak Kaifar di menit 37 dan Mohammad Rivaldi (90). Sementara tuan rumah hanya mampu mencetak sebiji gol dari titik putih yang dieksekusi Irvan Ibrahim Yanes pada menit 86.(riz/din/ong)