RADARJOGJA.CO.ID-Nama Pangeran Mangkubumi bakal kembali hidup di Kota Jogja. Tapi, ini untuk penamaan nama jalan yang sempat dihapus, di Tugu Pal Putih ke selatan sejak 2012 silam. Saat itum nama Pangeran Mangkubumi diganti dengan nama Margoutomo.

Sejak 27 Oktober lalu, Pemkot Jogja menghidupkan nama pendiri Kerajaan Mataram Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut untuk menggantikan nama Jalan AM Sangaji, yang berada di utara Tugu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja Edy Muhammad mengatakan penggunaan kembali nama Jalan Mangkubumi tersebut juga disesuaikan dengan sumbu filosofis Kota Jogja. Mulai dari Gunung Merapi, Tugu Jogja, Keraton Jogja, Panggung Krapyak hingga Pantai Selatan. “Sekaligus untuk menguatkan Jogja sebagai kota budaya,” ujarnya.

Penggunaan kembali nama Jalan Mangkubumi sebagai pengganti nama Jalan AM Sangaji diatur melalui Keputusan Wali Kota Jogja Nomor 494 Tahun 2016 yang ditetapkan pada 27 Oktober lalu.

Dengan perubahan nama jalan tersebut, otomatis juga akan merubah alamat pertokoan maupun perkantoran yang ada disana. Terkait hal itu, Edy mengatakan akan melakukan sosialisasi pada warga sekitar. Untuk perubahan alamat, bisa diurus saat perpanjangan usaha.

“Pengalaman seblumnya yang mengganti nama Jalan Pangurakan, Margomulyo dan Margoutomo, masyarakat bisa menyesuaikan,” ungkapnya. (pra/eri)