RADARJOGJA.CO.ID-Musim liburan segera tiba. Wisatawan yang akan mengunjungi Jogja jangan lupa untuk mampir di Malioboro. Ikon Jogja tersebut memiliki penampilan baru.

Jalur pedestrian yang direvitalisasi sejak awal tahun lalu, memiliki wajah baru. Jalan pertama di DIJ tersebut akan memiliki banyak spot-spot untuk selfie.

Pelaksana tugas (Plt) Sekprov DIJ Rani Sjamsinarsi mengatakan, akan ada huruf Hanacaraka di Malioboro. Huruf khas Jogja tersebut akan dipasang di teraso. “Lebih ramah lingkungan, kawasan ini juga ramah bagi penyandang disabilitas dengan guiding line,” ujarnya.

Kepala Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIJ Arief Azazie Zein mengatakan, revitalisasi kawasan Malioboro tahap I sudah memasuki 80 persen pengerjaan. Selain teraso, huruf Hanacaraka, guiding line disabilitas sudah mulai terpasang.

“Yang mock-up sudah mulai dipasang tempat sampah dan trees gate. Sebenarnya street furniture juga akan kami pasang, tapi harus ada sedikit perbaikan. Jadi kami kembalikan ke pabrik,” ujarnya.

Dikatakan, meski mock-up street furniture yang akan dipasang lebih dahulu di area depan Gedung DPRD DIJ tertunda, pihaknya optimistis bisa terpasang semua di akhir pekan ini. Sementara itu, air siap minum dikatakan juga sudah terpasang di di depan Hotel Inna Garuda.

Sementara itu, revitalisasi tahap II juga sudah memasuki pengerjaan 60 persen lebih hingga titik selatan Pasar Beringharjo atau Jalan Ketandan Kulon. “Target semua selesai tanggal 18 Desember, karena kontrak diperpanjang hingga tanggal itu,” ungkapnya. (dya/eri)