RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Hujan yang disertai angin dan petir yang melanda sebagian wilayah DIJ Senin sore (21/11) membuat beberapa pohon besar tumbang. Di wilayah Kota Jogja, hingga pukul 19.00 sedikitnya terdapat tujuh pohon besar yang tumbang dan mengganggu aktivitas warga. Suasana malam kemarin juga gelap gulita di sebagian wilayah Kota Jogja. Sebab, pohon tumbang juga menimpa kabel-kabel listrik.

“Kalau pohon tumbang banyak laporan yang masuk. Ada di beberapa titik pohon yang tumbang besar-besar,” ujar Komandan Kru Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja Imam Santoso.

Beberapa titik pohon tumbang berada di Jalan Senopati di depan Taman Pintar dan di depan Pasar Giwangan. Juga di Jalan Batikan yang mengganggu akses jalan. Termasuk satu rumah di wilayah Nyutran, Mergangsan, Jogja yang tertimpa pohon. “Ada satu laporan pohon menimpa rumah warga,” lanjutnya.

Selain itu, juga terdapat beberapa pohon yang menimpa kabel listrik, seperti di Jalan Pramuka, Jalan Gambaran serta Jalan Batikan. “Ada kabel listrik yang sampai ke jalan,” ujarnya.

Imam mengatakan, pihaknya memprioritaskan pohon besar yang tumbang dan mengganggu akses warga. Kerusakan akibat hujan angin juga terjadi di beberapa stan di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Beberapa atap stan ada yang tertiup angin.

Sedang terkait dengan aliran sungai, meski tidak bisa memantau dari CCTV, laporan yang diterima sementara masih aman. “Kalau sungai laporan sementara yang masuk masih aman,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD DIJ Krido Suprayitno mengatakan, empat grup tim reaksi cepat sudah turun ke lapangan untuk cek lokasi. Proses identifikasi titik-titik lokasi pohon tumbang didatangi satu per satu. Sebab, selain di Nyutran, Mergangsan, juga dua satu rumah yang tertimpa pohon tumbang yakni di Pandeyan, Umbulharjo dan di depan RS Hidayatulah.

“Yang di sekitar XT Square bahkan pohonnya tumban, akarnya sampai tercerabut. Menimpa satu rumah,” ungkapnya.

Krido mengungkapkan, dia masih melakukan pemantauan dan identifikasi di lapangan. Total ada 26 titik di Kota Jogja, 10 titik di Bantul. Sedangkan Kulonprogo, Gunungkidul, dan Sleman nihil pohon tumbang.

Titik terparah di Nitikan, di sana jalan ditutup dan dialihkan karena rawan. Di sana ada tiang listrik yang tumbang dan melintang di jalan, sehingga tak bisa dilewati. Kondisi di sana juga gelap gulita.

“Kerja sama dengan Polda DIJ untuk menutup jalan. Saat ini masih sisir beberapa lokasi untuk memilah dan memilih mana yang bisa diselesaikan malam ini juga. Tapi jika ada yang tidak bisa diselesaikan malam ini akan dilanjutkan besok pagi (hari ini),” ujarnya dihubungi semalam
Terpisah, Kepala BLH Kota Jogja Suyana mengungkapkan, untuk pohon yang tumbang di beberapa titik yang terjadi semalam umurnya masih terbilang muda. Misalnya saja pohon tanjung yang tumbang di Glagahsari, usianya belum terlalu tua. Tapi akarnya tidak kuat menahan hembusan angin disertai hujan deras. Jadi penanganannya, dengan memangkas ranting-rantingnya. (pra/ila/ong)