RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO-Menggauli bocah bawah umur, Suroso, 25, wargga Dusun Sigayang, Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo harus rela menghabiskan waktunya di balik jeruji besi Polres Purworejo. Perbuatannya bisa diendus setelah kakak korban mendapati pelaku berada di bawah kolong kamar tidur.

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi menceritakan jika tindak asusila atas Bunga (bukan nama sebenarnya) oleh pelaku Suroso terjadi berulang kali sebelum tertangkap basah kakak pelaku pada Jumat (16/9). “Kejadian itu baru dilaporkan pihak keluarga korban pada tanggal 9 November lalu kepada pihak berwajib,” kata Kholid, kemarin (22/11).

Modus yang dilancarkan pelaku terhadap korban adalah menjanjikan melangsungkan pernikahan jika terjadi hamil. Korban terpedaya dengan bujuk rayu Suroso dan telah melangsungkan perbuatan terlarang itu berulang kali.

“Kejadiannya sudah berulang-ulang dan terakhir ya saat kakak korban mendapati pelaku ada di kamar korban,” imbuh Kholid.

Tidak terima anaknya menjadi bulan-bulanan nafsu Suroso, orang tua Bunga, Ngatimin, 46 melaporkan kejadian itu ke petugas kepolisian. Berdasar laporan, petugas segera turun ke lapangan melakukan penyidikan dan penangkapan terhadap pelaku.

“Untuk kepentingan pemeriksaan, kita mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 buah celana panjang jins warga biru, 1 buah rok pendek warna hitam kombinasi, 1 buah gelang terbuat dari kayu, dua buah handphone merk Nokia dan Samsung,” kata Kasatreskrim.

Dari pemeriksaan Buga yang dilakukan di RSUD dr Tjitrowardojo, hasil visum menunjukkan ada tindakan pelecehan seksual. Dari kejadian itu, Suroso disangkakan melakukan persetubuhan terhadap anak dibawah umur sebagaimana dimaksud dalam pasal 81 UURI No 35 tahun 2014 tentang perubahan UURI No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. (udi/ong)