Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama di Ngayogjazz 2016

Siapkan jas hujan, bekal yang banyak, dan fisik yang kuat. Kenapa? Karena ketiga hal itu sangat dibutuhkan saat menyaksikan Ngayogjazz 2016 yang digelar di Pedukuhan Kwagon, Godean, Sleman, Sabtu (19/11) besok.
VITA WAHYU HARYANTI, Sleman

PAGELARAN musik jazz paling dinanti masyarakat kali ini mengusung tema Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama yang berarti membangun karya jazz yang indah untuk membahagiakan sesama manusia.

Tema ini terinspirasi dari Pupuh Sinom Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV. Dikutip dari penggalan serat tersebut yaitu Amemangun Karyenak Tyasing Sasama yang bermakna berbuat untuk menyenangkan hati sesama manusia.

“Kebencian, fitnah, adu domba, dan hasutan membuat kondisi memanas menjadi sebuah keprihatinan yang mendalam. Dengan mengangkat tema ini harapan kami Ngayogjazz bisa melebur semua polemik tersebut. Rasa bahagia muncul dengan melihat pertunjukan musik dan seni tradisi lainnya,” jelas salah satu seniman yang berkontribusi dalam Ngayogjazz 2016 Agung “Leak” Kurniawan, kemarin (17/11).

Ngayogjazz kali ini menampilkan Fariz RM Anthology Kuartet, Monita Tahalea, Tohpati & Friends, Shadow Puppets & Harvey Malaihollo, Emerald-BEX, Ricad Hutapea Trio feat Renata Tobing. Juga ada penampilan dari Nikita Dompas Trio feat Mian Tiara, Risky Summerbee & Honeythief, Sono Seni Ensemble, MLD Jazz Project, Mutiara, Komunitas Jazz Jogja, dan Komunitas jazz dari berbagai kota lainnya.

Agung menambahkan, sesuai dengan lokasi digelarnya Ngayogjazz di Kwagon yang terkenal dengan industri Genting. Maka panggung yang didirikan diberi nama sesuai dengan jenis-jenis Genting, yakni panggung Genting Kodok, Genting Kripik, Genting Krepus, Genting Wuwung, Genting Garuda, dan Genting Paris.

Acara yang dimulai pukul 10.00 ini juga dimeriahkan kesenian tradisional yang dipersembahkan oleh masyarakat Pedukuhan Kwadon seperti tarian Rampak Buto, kirab Pasukan Bregada, dan kirab Ogoh-Ogoh. “Karawitan dan tari anak-anak dari warga Kwagon akan tampil di panggung Genting Morando,” jelasnya.

Bagi yang akan ke Kwagon besok, mengambil rute dari arah Jogja menuju Jalan Godean. Kwagon berada di sebelah barat Pasar Godean. Di sana sudah disiapkan lokasi parkir motor dan mobil yang cukup luas. (ila/mg1)