Sebuah truk pengangkut pasir dievakuasi menggunakan alat berat, Kamis (17/11). (Foto: Hendri Utomo/Radar Jogja Online)
RADARJOGJA.CO.ID – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Nanggulan-Girimulyo di Pedukuhan Dengkok, Desa Tanjungharjo, Nanggulan, Kamis (17/11). Truk pasir nopol R 1623 LE itu tidak kuat menanjak, terperosok dan menimpa rumah warga.

Truk itu dikemudikan Kiswanto, 44, warga Welahan, Wonosobo. Tidak ada korban jiwa, namun rumah sekaligus warung milik Sujio jebol. Evakuasi mengalami kendala karena beratnya medan.

Kiswanto mengatakan dia akan mengantar pesanan pasir dari Nanggulan ke Girimulyo. Namun sesampai di jalan menanjak dan menikung, truk tidak kuat dan berjalan mundur.

“Kondisi mesin mungkin kurang baik, jadi tidak kuat menanjak. Akhirnya menubruk rumah, saya panik,” kata Kiswanto.

Pantat truk menabrak belakang rumah Sujio. Pasir yang ada di bak truk pun tumpah. “Saat kejadian saya ada di dalam rumah, sempat kaget mendengar benturan keras saat menabrak rumah, kebetulan tidak ada orang di sana,” kata Sujio.

Kapolsek Nanggulan Kompol Suraji mengatakan kasus ini sudah ditangani pihak kepolisan. Diduga pemicu kecelakaan karena kondisi truk tidak laik jalan sehingga tidak kuat menanjak.

“Proses evakuasi terkendala medan yang berat. Kami harus mendatangkan alat berat untuk menarik truk dari TKP,” kata Suraji. (tom/iwa/mar)