PURWOREJO-Dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2016, Polres Purworejo menggandeng Dinas Perhubungan, Denpom dan Satuan Polisi Pamong Praja. Kegiatan ini kan berlangsung selama 14 hari mulai 16 November sampai 30 November mendatang. “Operasi ini dalam rangka cipta kondisi menghadapi kegiatan malam Natal dan Tahun Baru 2017,” kata Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo usai memimpin apel gelar pasukan di halaman Mapolres Purworejo, kemarin (16/11).

Menurutnya, sasaran Operasi Zebra Candi 2016 adalah penegakan hukum secara humanis. Yakni pengamatan secara kasat mata terhadap pelanggaran hukum lalu lintas di jalan raya harus ditindak secara tegas. “Tegas yang dimaksudkan juga harus dilakukan dengan cara yang humanis,” tambah kapolres.

Selain menindak tegas pelanggar, operasi Zebra Candi juga dimaksudkan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan menurunkan angka fatalitas. Sebab, wilayah hukum Purworejo selama ini merupakan jalur selatan yang cukup ramai. “Di sini adalah jalur alternatif. Jika pantura mengalami kendala, jalur selatan yang melalui Purworejo inilah yang akan sangat ramai,” jelasnya. (udi/din/mg2)