RADAARJOGJA.CO.ID – Proses seleksi jabatan pimpinan pratama tampaknya tak berjalan mulus. Peminat jabatan di salah satu dinas minim. Buktinya, hingga batas akhir pendaftaran kemarin (15/11) jumlah pendaftar sebagai kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) masih belum memenuhi standar minimal. Baru dua orang. Padahal, syarat jumlah minimal pendaftar tiga orang.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul Wahyu Priyanto mengakui jumlah pendaftar untuk posisi jabatan di DPUPKP belum memenuhi syarat minimal. Kendati begitu, Wahyu belum mengetahui minimnya jumlah pendaftar ini bakal berdampak pada terganggunya proses seleksi atau tidak. Apakah proses tetap dilanjutkan atau waktu pendaftaran diperpanjang. “Besok (hari ini, Red) pansel ada rapat. Menunggu keputusan besok,” kata Wahyu Selasa (15/11).

Sebagaimana diketahui, ada tujuh posisi jabatan kosong yang bakal diisi. Yakni, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Dinas Perhubungan, DPUPKP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Nah, untuk mengisi posisi di tujuh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ini pemkab menggelar seleksi jabatan pimpinan pratama. Pendaftaran seleksi ini dibuka mulai 26 Oktober hingga 15 November.

Secara keseluruhan, Wahyu melihat animo peminat seleksi ini cukup tinggi. Itu tampak dari banyaknya jumlah pendaftar. Sebab, tidak sedikit pendaftar di beberapa posisi jabatan melebihi syarat minimal. “Total yang mendaftar ada 40 orang,” sebutnya.

Terkait informasi adanya pendaftar yang mengundurkan diri, Wahyu menampiknya. Menurutnya, tidak ada satu pun pendaftar yang mencabut berkasnya. “Masih solid semua,” ucapnya
Wahyu menambahkan, seluruh proses seleksi ditangani tim pansel. Merujuk ketentuan undang-undang tentang aparatur sipil negara, tim pansel beranggotakan sembilan orang. Komposisinya, dari unsur internal pemkab dan eksternal. “Internal empat orang. Eksternal lima orang,” paparnya. (zam/din/mar)