RADARJOGJA.CO.ID – Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh pada seluruh pekerja di Indonesia semakin gencar dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan akan menyalurkan donasi CSR dari PT Bank Mandiri, Tbk. (Bank Mandiri) pada 50 ribu orang pekerja rentan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Donasi yang diberikan Bank Mandiri tersebut, diberikan secara simbolis pada pekerja rentan dengan profesi sebagai petani. Semua itu terangkum dalam rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang dilaksanakan di Desa Tamanan, Kabupaten Bantul, Selasa (15/11).

Penyerahan donasi dari Bank Mandiri diserahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, didampingi Direktur Perluasan Kepesertaan dan HAL E. Ilyas Lubis dan Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Sulaeman A Arianto.

Penyerahan disaksikan Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM (K) dan Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Amran Nasution dan Direktur Perencanaan Strategis dan TI Sumarjono.

Selain penyerahan donasi GN Lingkaran, juga diserahkan santunan Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Hari Tua (JHT) pada ahli waris Almarhum Sukidi dan Almarhumah Paerah, sebagai bentuk tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan pada ahli waris peserta.

“Kami menyalurkan puluhan ribu donasi dari banyak perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia. Semoga melalui GN Lingkaran ini, masyarakat pekerja di Indonesia bisa terlindungi secara menyeluruh, khususnya bagi pekerja rentan,” kata Ilyas di sela acara.

GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan) merupakan inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan Pekerja Rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan atau sumbangan individual. Pekerja Rentan merupakan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dengan penghasilan harian yang hanya cukup membiayai kebutuhan hari itu saja. Mereka belum sanggup membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dengan adanya GN Lingkaran ini, pekerja rentan ini bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjan, sampai mereka mandiri untuk membayar sendiri.

GN Lingkaran yang diusung BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental, sesuai asas gotong royong dan sejalan dengan program Nawacita Presiden RI Joko Widodo.

“Kami akan membuka kesempatan pada perusahaan-perusahaan untuk bisa menyalurkan bantuan mereka melalui program GN Lingkaran. Tujuannya, agar kesejahteraan bagi seluruh pekerja Indonesia tercapai sesegera mungkin,” katanya.(hes/dem)