RADARJOGJA.CO.ID – Kabar duka datang dari DPRD Gunungkidul. Wakil Ketua Komisi A Suhardono meninggal dunia karena berjuang melawan penyakit ginjal pada Minggu malam (13/11). Tokoh Partai Demokrat ini dikenal sebagai sosok yang memiliki semangat membesarkan partai.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Gunungkidul Eko Rustanto mengatakan, semasa hidup, Suhardono sangat berjasa bagi partai. Pensiunan PNS ini dinilai memiliki semangat tinggi dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Namun takdir berkata lain, setelah bergulat dengan penyakit ginjal akhirnya pada Minggu malam kemarin, dia dipanggil pulang oleh Tuhan. Kami keluarga Partai Demokrat kehilangan seorang panutan,” kata Eko Rustanto, Senin (14/11).

Namun, kehidupan terus berjalan. Cita-cita almarhum agar Partai Demokrat menjadi corong aspirasi akan terus dilanjutkan. Setelah selesai masa berkabung, akan ada agenda pergantian antarwaktu (PAW) untuk melengkapi jumlah anggota sebanyak 45 orang.

Sekretaris DPRD Gunungkidul Tudjuh Prijono mengatakan, sesuai aturan yang berlaku bila jumlah anggota dewan yang berkurang, harus dicarikan pengganti. Selanjutnya, keputusan diserahkan sepenuhnya ke partai masing-masing.

“Kami hanya memfasilitasi saja. Semua harus dilakukan secara formal, karena surat itu sebagai dasar melakukan PAW,” tegas Suhardono.

Menurutnya, proses PAW periode 2014-2019 sudah pernah dilakukan. Tahun lalu, kesekretariatan melakukan pergantian terhadap anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi PDIP Endah Subekti Kuntariningsih. Saat itu, Endah mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai wakil bupati pada Pilkada 2015. Sebagai gantinya, partai berlambang banteng moncong putih ini menunjuk Suharjo sebagai pengganti Endah.(gun/hes)