Seorang siswi mendapatkan doorprize jas hujan karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Humas PT Jasa Raharja DIJ, Wahyu Agung pada kegiatan roadshow go to school sosialisasi di MA Nurul Ummah Kotagede, Selasa (15/11). (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)
RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Siswa-siswi dan guru MA Nurul Ummah Kotagede antusias mengikuti sosialisasi UU Lalu Lintas dan pengurusan santunan kecelakaan PT Jasa Raharja yang diadakan di sekolah setempat, Selasa (15/11). Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang ingin mengajukan berbagai pertanyaan kepada Humas PT Jasa Raharja DIJ, Wahyu Agung dan Kasi Dikmas Ditlantas Polda DIJ Kompol Sukijo.

Diantara peserta yang mengajukan pertanyaan adalah Azis. Dalam kesempatan itu, Azis menanyakan seputar sistem pembayaran tilang. “Apakah kita bisa/boleh titip melalui polisi atau harus mengikuti sidang?,” Tanya Azis.

Kasi Dikmas Ditlantas Polda DIJ Kompol Sukijo pun langsung menjawab pertanyaan tersebut. Sukijo menerangkan, Mabes Polrri telah mengeluarkan edaran bahwa anggota polisi dilarang menerima uang titipan tilang. Ia meminta, masyarakatan yang mendapat tilang disarankan mengikuti sidang atau membayar denda tilang melalui bank.

“Jadi, masyarakat tidak diperbolehkan menitipkan uang tilang ke polisi. Agar tidak ditilang, mohon taati rambu lalu lintas, jangan lupa bawa helm dan STNK serta kenakan helm,” ingat Sukijo.

jasa-raharja-nu
Pertanyaan juga ditujukan kepada PT Jasa Raharja. Seorang siswa bernama Imam bertanya terkait pesawat terbang yang mengalami kecelakaan kemudian para jenazah tidak ditemukan. “Apakah ahli waris para korban akan mendapatkan santunan,” tanya Imam.

Mendapat pertanyaan tersebut, Humas PT Jasa Raharja DIJ, Wahyu Agung menjelaskan, ahli waris dipastikan akan mendapatkan santunan. Nantinya, PT Jasa Raharja akan berkoordinasi dengan bandara dan instansi terkait untuk mengurus surat kelengkapan syarat pengajuan santunan.

“Nanti, santunan akan diserahkan kepada ahli waris yaitu suami/isteri, anak, atau orang tua korban,” jelas Wahyu.

Kepala MA Nurul Ummah Kotagede, Baehaqi mengapresiasi kegiatan roadshow sosialisasi UU Lalu Lintas yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja bersama Ditlantas Polda DIJ dan Radar Jogja Online.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa dan guru. Sebab, para siswa memperoleh pengetahuan, mengerti bagaimana tertib berlalu lintas dan aman berkendara di jalan raya. Ia pun menyampaikan terima kasih karena sekolahnya ditujuk sebagai lokasi tempat kegiatan sosialisasi.

“Para siswa juga tahu bagaimana cara mengurus santunan kecelakaan bila nanti ada keluarga atau tetangga yang mengalami musibah kecelakaan,” kata Baehaqi.

Dalam kesempatan itu, Humas PT Jasa Raharja DIJ, Wahyu Agung dan Kasi Dikmas Ditlantas Polda DIJ Kompol Sukijo juga mengajukan pertanyaan kepada para peserta sosialiasi. Bagi siswa/siswi yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan hadiah berupa jas hujan. (mar/dem)