RADARJOGJA.CO.ID – GUNUNGKIDUL – Korps baju cokelat tidak hanya mementingkan persoalan duniawi saja. Di Polres Gunungkidul misalnya, Kapolres AKPBP Nugrah Trihadi menggelar lomba Dai Kamtibamas. Pemenangnya dapat tiket gratis pergi ke tanah suci.

“Dari sekitar 56 peserta anggota kepolisian, dipilih satu pemenang untuk kemudian diikutkan umroh,” kata Kapores Nugrah Trihadi kemarin (15/11).

Dijelaskan kapolres, juri lomba Dai Kamtibmas berasal dari Kantor Pengadilan Agama (Kemanag) Wonosari. Kegiatan kegamaan yang berlansung di mushola komplek polres itu menyedot perhatian dari masyarakat umum.

“Peserta berasal dari anggota kepolisian di masing-masing polsek dan satuan kerja Polres Gunungkidul,” terangnya.

Melalui kegiatan itu pihaknya berharap agar anggota polisi memiliki bekal keagamaan yang cukup dalam melaksanakan kewajiban sebagai aparat penegak hukum. Dari seluruh peserta yang ada kedepan bisa dimanfaatkan sebagai pionir dalam pesan-pesan kamtibmas melalui dakwah.

“Para Dai Kamtibmas nanti diterjunkan langsung ketengah masyarakat. Misalnya, mengisi kutbah jumat maupun ceramah agama di komunitas tertentu,” terangnya.

Menurut Nugrah Trihadi, kegiatan Dai Kamtibmas merupakan tindak lanjut dari kebijakan institusi Polri terkait program revolusi mental. Dikatakan, agenda memperdalam ilmu kegamaan bagi anggota, wajib dilakukan di masing-masing polsek.

Sementara itu, salah seorang warga Wonosari, Sujito mengapreasi langkah kepolisian dalam menggembleng anggota dalam ilmu keagamaan. Dengan begitu, ketika menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum dapat lebih humanis.

“Semoga kegiatan demikian dilakukan secara kontinue dan konsisten. Sebagai masyarakat, kami sengat mendukung kegiatan kegamaa tersebut,” kata Sujito. (gun/ong)