RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Publik Jogja kembali berduka. Setelah belum lama ini ditinggal oleh legenda komik, Harya “Hasmi” Suryaminata. Warga Jogja kehilangan legenda kuliner Yu Djum yang meninggal sekitar pukul 18.00 di usia 85 tahun, kemarin (14/11).

Tetangga almarhumah, Kusnanto, ditemui di rumah duka di Mbarek, Caturtunggal, Sleman, mengatakan, Yu Djum sakit komplikasi dan sudah beberapa kali masuk rumah sakit. “Warga sangat kehilangan, karena Yu Djum dikenal terkenal baik di lingkungan sekitar,” ujarnya kemarin.

Kusnanto menuturkan, usaha gudeg yang didirikan oleh pemilik nama asli Djuhariah ini merupakan usaha gudeg tertua di Jogja. Kesuksesannya tidak lantas membuat Yu Djum hidup bermegah-megah. “Beliau tetap sederhana. Sebetulnya hari ini (kemarin) seluruh karyawan sedang ke Bandung untuk rekreasi. Begitu diberitahu berita duka, mereka langsung kembali lagi ke Jogja,” ungkapnya.

Menantu Yu Djum, Tri Widodo menuturkan, ibu mertuanya sempat dirawat di rumah sakit Bethesda selama tiga hari. Namun, kondisinya sempat drop dan ditangani oleh dua dokter. “Namun, takdir berkata lain. Almarhumah akan dimakamkan di Karangmalang besok (hari ini),” ujarnya. (cr1/ila/ong)