PURWOREJO– Masyarakat Purworejo terus berupaya menunjukkan diri sebagai wilayah potensial kambing peranakan etawa. Secara konsisten, pemkab menggelar kontes kambing peranakan etawa (PE) yang banyak dibudidayakan di Kecamatan Kaligesing.

Nah, kali ini sesuai keinginan Bupati Agus Bastian, kontes kambing Kaligesing level nasional bakal dilaksanakan di Alun-Alun Purworejo. Disebut kambing Kaligesing karena pemkot sengaja ingin menunjukkan kepada publik bahwa hewan mamalia tersebut berasal dari wilayah kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo, DIJ itu.

Kegiatan digelar bersamaan dengan perhelatan terakhir Purworejo Show, Minggu (17/11). “Acara ini sebagai tindak lanjut kontes lokal kambing Kaligesing pada Juli lalu. Ini akan menunjukkan Purworejo sebagai asal kambing Kaligesing,” ujar Ketua DPP Perkkanas Toto Sugiarto kemarin (11/11).

Berlabel Kontes Nasional Kambing Kaligesing Piala Bupati, event ini sekaligus sebagai ajang promosi produksi unggulan peternakan Kabupaten Purworejo. Dikatakan, kambing yang dikonteskan merupakan mamalia plasma nutfah asli Kaligesing. Diperkirakan ada sekitar 500 peserta dari seluruh daerah di Jawa tengah, DIJ, Jawa Timur, dan Jawa Barat akan berpartisipasi.

“Ini kerja bareng Dinas Pertanian Perkebunan Kelautan dan Perikanan Purworejo yang menggandeng kami, Perkkanas untuk menyelenggarakan kegiatan itu. Hadiah yang disediakan total Rp 30 juta,” lanjut Toto.

Dia optimistis kontes yang dibagi lima kelas ini mampu menyedot perhatian masyarakat. Dengan begitu, kunjungan wisatawan ke Purworejo bakal meningkat. “Yang jelas ini akan menguntungkan karena bisa mendukung daya beli masyarakat di Purworejo Show,”ucapnya.

Ditambahkan, kontes tersebut merupakan agenda tahunan dari Pemkab yang dilaksanakan oleh Perkkanas. Diharapkan dalam pelaksanaan mendatang akan lebih besar pesertanya.(udi/yog/mg2)