Kiat-Kiat Khusus Memelihara Kucing dan Kelinci Ras

Memelihara binatang di rumah membutuhkan komitmen. Tidak hanya sekadar memelihara, tetapi juga harus memperhatikan kebutuhan hewan kesayangan. Pemilik juga harus mau repot untuk mencari tahu dan menambah wawasan terkait binatang yang dipeliharanya.
VITA WAHYU HARYANTI, Sleman

FESTIVAL menjadi ajang berkumpulnya pecinta binatang. Salah satunya festival cat and rabbit yang diadakan belum lama ini di sebuah mal di seputaran Babarsari, Sleman. Ya, mengikuti sebuah festival hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci bagi pemilik adalah hal yang menyenangkan. Terlebih dalam festival itu tidak hanya diadakan perlombaan saja, namun juga edukasi untuk menambah wawasan pemilik hewan dalam merawat peliharaan.

Panitia acara Mutia Hartinah mengatakan, festival cat and rabbit ini untuk mempertemukan para pecinta kucing dan kelinci dalam satu wadah. Harapannya, mereka bisa saling bertukar informasi mengenai binatang kesayangan mereka.

“Festival ini juga merupakan program kerja tahunan Kelompok Studi Hewan Kesayangan UGM. Kenapa kami pilih cat and rabbit, karena banyak sekali penggemar hewan yang sama-sama memiliki bulu indah ini,” ungkapnya ditemui beberapa waktu lalu.

Mutia, sapaannya, mengatakan, ada banyak jenis kucing yang dipelihara. Sebut saja Persia, Anggora, dan Mainecoon serta lainnya. “Penggemar kucing juga sangat banyak. Nah, kami juga datangkan pakar kucing Cacang Effendi untuk berbagi trik dan tips dalam merawat kucing ras,” ungkapnya.

Diakui Mutia, untuk kucing ras memang membutuhkan perhatian khusus. Misalnya, dalam memotong bulu, merawat kulit, dan membersihkan bagian tubuh kucing secara benar. “Begitu pula dalam pemberian vaksin juga harus berkala,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam merawat kebersihan kucing, pemilik harus rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Sebab, bagian-bagian tersebut rentan virus dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, bisa-bisa kucing mengalami infeksi.

Mutia menambahkan, selain kucing, saat ini binatang yang tengah naik daun dalah kelinci. Sama halnya dengan kucing, biasanya yang dipelihara adalah kelinci ras seperti New Zealand, Flemish Giant, Lop, Himalayan, English Spot, Minirex, Jersey Wooly, dan lainnya. Kelinci jenis Flemish Giant dan Lop banyak yang menggemari.

Berbeda dengan kelinci lokal, kelinci ras ini butuh perawatan yang tidak biasa. Bagi mereka yang ingin memelihara kelinci jenis ini harus belajar terlebih dulu tentang bagaimana perawatannya. Salah-salah kelinci yang biasa hidup di udara dingin ini bisa mati.

Menurut drh Rinto Ariwibowo dari Komunitas Pemelihara Kelinci SeHati Jogja, memelihara kelinci ras membutuhkan effort lebih, baik makanan dan grooming-nya harus diperhatikan.

Rinto mengungkapkan, berbeda dengan kucing dan anjing, kelinci ras tidak dimandikan, hanya boleh dibersihkan dengan blower saja. Juga harus disisir bulunya secara rutin.

Selain itu, untuk gizinya juga harus diperhatikan asupan vitamin, mineral, protein, dan zat besi. Makanan ini bisa bersumber dari rumput hijau atau kering, buah-buahan, juga makanan kemasan khusus kelinci. Dalam sehari kelinci ras ini diberi makan hanya dua kali saja sesuai takaran.

Untuk latihan fisiknya, setiap pagi kelinci tersebut harus dikeluarkan dari kandang dan diberikan lahan hijau yang agak luas. Perlu diperhatikan pula bagaimana kondisi kandang kelinci. ” Sebaiknya buat kandang kelinci lebih tinggi dari tanah agar air kencing dan kotorannya tidak membuat bulunya lembab,” pesannya. (ila/mg1)