MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat Kota Magelang 2016 hari ini, Sabtu (12/11).

Peringatan HKN menjadi motivasi seluruh warga untuk bersama-sama menciptakan masyarakat sehat secara fisik dan mental. Terlebih, kesehatan merupaan modal penting dalam pembangunan di segala bidang demi mewujudkan bangsa yang sehat dan sejahtera.

Masyarakat sehat tentu tak lepas dari peran para tenaga kesehatan yang rela mengorbankan waktu demi menangani pasien. Nah, atas kiprah mereka, Pemkot Magelang memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan teladan tingkat daerah 2016. Penghargaan disampaikan bersamaan dengan penyerahan simbolis kartu Indonesia sehat (KIS) bantuan iuran APBD Kota Magelang.

“Pemilihan tenaga kesehatan teladan di puskesmas tingkat Kota Magelang berdasarkan penilaian pada enam komponen,” katanya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Fatma Murtiningsih kemarin (11/11).

Pemilihan tenaga kesehatan dibagi beberapa kategori. Di antaranya, dokter gigi, perawat, bidan, dan tenaga kefarmasian, serta nutrisionis.

Komponen yang dinilai, antara lain, sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, tenaga pemberdayaan masyarakat, pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, dan berstatus pegawai puskesmas.

“Komponen lain yang dinilai sebagai tenaga kesehatan profesional dan anggota masyarakat,” jelasnya.

Adapun peraih peringkat I kategori dokter gigi adalah drg Novi Ahyani dari Puskesmas Magelang Selatan, peringkat II drg Ady Fitriyani (Jurangombo), dan peringkat III drg Bambang Ekojanto Sp KG (Kerkopan).

Untuk kategori perawat, peraih peringkat I-III masing-masing Anik Purwanti AMK (Jurangombo), Tri Isnaeni AMK (Kerkopan), Amirati Puji Rahayu (Magelang Tengah). Kategori bidan, peringkat I-III, yakni Sri Surati Amd Keb (Magelang Utara), Nelci Septory (Magelang Tengah), dan Yustina Juhartini Amd Keb (Jurangombo).

Sementara kategori tenaga kefarmasian, peringkat I Koriah (Kerkopan), II Sri Sugiarti (Jurangombo), dan III Ety Mirawati (Magelang Utara). Yang terakhir kategori Nutrisionis, peringkat I-III yaitu Titik Ari Suryandari Amd (Magelang Utara), Sri Utari Amd G (Magelang Selatan), dan Nunik Pujarwati (Magelang Tengah).

Fatma menegasksan, kompetisi tenaga kesehatan teladan ini bertujuan memberikan penghargaan bagi meraka yang aktif mengabdi di bidang masing-masing. Sekaligus menjaring wakil di ajang pemilihan tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada bagian lain, mengulik HKN ke-52 yang bertema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”, Fatma mendorong masyarakat Kota Magelang turut membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan. Tiap warga harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

“Dengan begitu akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia kuat,” jelasnya.

Fatma menambahkan, pemerintah pusat segera meluncurkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Program tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama seluruh komponen bangsa, dengan menggugah kesadaran dan kemauan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyampaikan apresiasi atas terlaksananya rangkaian acara HKN. Seperti upacara, pertandingan olahraga, senam bersama, donor darah, hingga gebyar promosi kesehatan. “Semua itu diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan,” tuturnya.

Tak bisa dipungkiri dan telah dirasakan bersama bahwa Kota Magelang semakin tertata dalam berbagai aspek kehidupan. Selain memberikan pelayanan jasa yang baik dan kesan positif, juga berdampak meningkatnya kesehatan masyarakat, kesejahteraan dan aspek sosial lainnya.

“Kesehatan yang baik merupakan potensi besar untuk mendukung terwujudnya kota jasa yang maju. Dengan masyarakat yang sehat sejahtera,” ucap Sigit. (ady/mg2)