MAGELANG – Seluruh organik Akmil dari militer, PNS dan Taruna/Taruni Akmil menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November. Upacara dengan tema “Satukan Langkah untuk Negeri” ini digelar di Lapangan Pancasila Akademi Militer.

Tema ini juga mengandung pesan kepada warga Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk bersatu mewujudkan cita-cita negara Republik Indonesia. “Selain itu, melalui peringatan Hari Pahlawan 2016, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya,” kata Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman.

Ia berharap, peringatan Hari Pahlawan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan. Menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air. “Dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Peringatan Hari Pahlawan ditandai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kusuma bangsa. Pahlawan sudah menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI. Nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang dimakan zaman. Karena pada setiap waktu dapat diimpelementasikan dan direvitalisasi.

“Dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembang zaman,” jelasnya. Ia mengatakan, warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan. Melainkan politik harapan. Seberat apa pun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. (ady/laz/mg2)