Program Prioritas Pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli
JOGJA- Calon Wali Kota Jogja Imam Priyono menggelar kampanye di kampung kelahirannya Kemetiran Kidul, Gedongtengen kemarin (9/11).Di gang sempit sebuah rumah sederhana itu, pria yang akrab disapa IP berbaur dengan para tetangganya dahulu.

Rumah dengan dinding triplek bercat biru itu merupakan kediaman Imam dalam menghabiskan masa kecil. IP tampak semringah berada di tengah khalayak yang didominasi ibu-ibu rumah tangga.Dalam perjumpaan itu, Imam menyampaikan program yang akan dijalankan bila terpilih sebagai wali kota.

Dia menjelaskan, kebutuhan dasar masyarakat miskin akan menjadi prioritas program 100 hari.

Kebutuhan dasar itu meliputi pendidikan dan kesehatan. “Masyarakat miskin harus mendapatkan pendidikan gratis,” tegas sosok berkumis tebal itu.

Sementara di bidang kesehatan, IP menginginkan masyarakat miskin mendapat berbagai kemudahan pelayanan secara gratis pula. Dengan begitu, warga miskin tak lagi khawatir berobat ke rumah sakit dengan alasan tidak punya biaya. “Saya berusaha agar semua masyarakat tidak takut lagi ke rumah sakit,” ujarnya.

Menurut IP, persoalan kebutuhan dasar tersebut yang dulu pernah dirasakannya saat tinggal di Kemetiran Kidul. Kala itu, biaya pendidikan dan pengobatan dirasa cukup besar dan memberatkan.

Hal itu diamini Sumarah, salah seorang bekas tetangga IP di Kemetiran Kidul. Menurutnya, sebagian besar warga RW 18 merupakan golongan masyarakat kurang mampu.

Dia mengenang, keluarga Imam pun berasal golongan warga biasa. Berbagai cara dilakukan oleh orang tua Imam untuk membiayai hidup keluarga. “Yang saya ingat dulu ibunya berjualan jamu,” ungkapnya.

Sementara sosok Imam kecil, lanjut Sumarah, adalah anak yang mudah bergaul dengan masyarakat.

Imam merupakan seorang anak yang gemar berolahraga dan mandi di sungai.

“Sejak kecil dia sudah terbiasa membatu orang tua,” katanya.

Dalam blusukan kali ini, Imam mengajak sang ibu, Sudarini. Di hadapan warga Imam pamer kemesraan dengan ibu yang telah membesarkan dan selalu mendukung setiap langkahnya dalam menggapai impian selama ini. (bhn/yog/mg1)