JOGJA – Pengembangan kampung menjadi prioritas bagi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jogja Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi jika terpilih nanti. Selain mewujudkan kampung kreatif berupa produk unggulan, juga menjaga kelestarian dan keasrian kampung.

Hal itu disampaikan pasangan nomor urut dua ini saat blusukan ke kampung Sutodirjan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Jogja, kemarin (8/11). Terlebih di kampung itu juga terdapat pasar tradisional Senen, Candi Donotirto, hingga lokasi pemancingan. “Kami akan libatkan masyarakat setempat dalam pengembangan kampung,” ujar Calon Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS).

Kampung disebutnya akan menjadi lokasi awal pembangunan Kota Jogja. Untuk itu, dalam pengembangannya akan melibatkan warga setempat sebagai pelaku aktif. Sebelumnya juga akan dilakukan survei dan pemetaan masalah maupun keunggulan kampung.

Menurutnya, dalam pengembangan kampung tidak bisa disamaratakan. “Kampung di Jogja harus baik dari semua sisi, baik kesehatan, industri kreatif, wisata, hingga layak huni,” ujar petahana ini.

Sementara Calon Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (HP) menambahkan, kampung di Kota Jogja dalam perencanaannya dikonsep supaya tetap indah dikenang, bisa menikmati keguyuban warganya. Hal itu yang akan dibangun di kampung-kanpung Jogja.

Seperti di Sutordirjan, lanjut HP, yang masih bisa digunakan untuk pemancingan dan kegiatan lain berarti lingkungannya masih sehat. “Makanya harus dijaga agar lingkungan sehat dan bersih. Supaya kegiatan masyarakat tetap bisa dilakukan dengan nyaman,” tuturnya. (pra/laz/mg1)