RADARJOGJA.CO.ID-JOGJA-Persaudaraan Warga RW 09 Mrican, Giwangan patut diajungi jempol. Mereka tak hanya tergerak membantu saat tetangganya kesusahan. Warga di sana juga memiliki kepedulian terhadap penghuni kampung tersebut yang merupakan bekas lokalisasi Sanggrahan.

Tapi, usaha mereka tersebut baru sukses mengentaskan satu mucikari. Mereka sudah berhasil mengentaskan satu mucikari yang beralih profesi menjadi pedagang angkringan.

BACA: Pernah Jajakan PSK, Insaf, Kini Jualan Angkringan

Padahal, di kampung tersebut masih ada empat mucikari yang lain. Mereka mengalami masalah pendanaan untuk mengentaskan dua mucikari yang lain.

Keberhasilan mengentaskan seorang mucikari di eks lokalisasi Pesanggrahan itu, berkat kerja tim kecil pemberdayaan warga yang secara intensif nelakukan komunikasi dan pelatihan. ” Pelatihan juga kami berikan kepada anak buahnya,” ujar ketua Tim kecil RW 09 Tembu.

Tim yang dibentuk Juli lalu itu, bertugas membersihkan prostitusi di wilayahnya. Caranya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat. Dimulai dengan menggelar pengajian hingga pelatihan ketrampilan.

BACA: Tak Berani Keluar Malam, Takut Ditawar Hidung Belang

Ternyata pendekatan ini berhasil menarik minat seorang mucikari. “Mucikari ini kami bantu lunasi hutangnya dan beri modal usaha, ternyata yang empat lainya iri,” jelasnya.

Sikap empat mucikari lainnya itu, dianggap sebagai sinyal positif. Tapi pihaknya kesulitan untuk melakukan hal yang sama pada empat mucikari lain, karena keterbatasan dana. Karena itu pihaknya mengharap bantuan Pemkot Jogja. “Jumlah uang yang dikeluarkan warga sekitar Rp 50 juta,”ujarnya. (pra/eri)