HASMI sudah tiada, namun karya-karyanya akan terus dikenang. Bahkan, banyak yang mencari buku serial komik buatan Hasmi, Gundala Putra Petir. Terutama buku cetakan pertama (C1).

Komik karya pemilik nama asli Harya Suryaminata ini memang fenomenal. Sebab, Gundala adalah salah satu tokoh superhero lokal Indonesia.

Salah satu kolektor komik lawas Doni Blero mengaku karya-karya Hasmi selama ini memang banyak diburu. Terlebih jilid pertama dan kedua dari karya Hasmi ini bisa dibilang sangat susah ditemukan.

“Hasmi merupakan komikus prionir dalam menggambar superhero Indonesia. Gundala membuat gila para kolektor komik lawas. Banyak yang berlomba-lomba menemukan cetakan C1-nya,” ungkap Doni.

Doni mengungkapkan, cetakan pertama memang menjadi barang langka. Dari segi harga, bisa mencapai puluhan juta rupiah. “Langka, dan memang susah didapat,” ungkapnya, kemarin (7/11).

Creative Manager BumiLangit Andy Wijaya mengaku sudah berburu komik terbitan pertama Gundala Putra Petir sejak 1980an. Andy mengungkapkan, dia pernah memiliki komik karya Hasmi tersebut. Namun, sayangnya buku komik asli tersebut terbuang.

“Sayangnya barang asli itu dibuang oleh kakak waktu saya kerja di luar negeri. Karena terlihat usang oleh kakak dikira kertas bekas,” kenangnya.

Andy menuturkan, dia sempat berhenti hunting komik Gundala. Namun, saat bertemu dengan Hasmi dalam sebuah pameran komik pada 2004, Andy kembali tergerak untuk mencari lagi. Dia bahkan tak ragu mencari hingga ke Pasar Senen dan Pasar Baru Jakarta. “Waktu itu dapat berupa bundelan saja, lebih tipis dari terbitan C1-nya,” ungkapnya.

Kemudian Andy melanjutkan pencarian komik hingga ke Sumatera, Padang, Bali, Madiun, dan daerah lain. Nah, untuk mempermudah para penggemar lain mendapatkan komik-komik karya Hasmi, dia melalui BumiLangit menerbitkan ulang komik-komik tersebut.

Ada sekitar enam episode yang sudah diterbitkan ulang yakni Gundala Putra Petir, Perhitungan di Planet Covox, Dokumen Candi Hantu, Operasi Gua Siluman, Gondala vs Godam, dan Gundala Bangkit yang merupakan komik baru Hasmi. Selain mencetak ulang komik Gundala, BumiLangit juga dalam proses pembuatan film layar lebar Gundala yang akan tayang akhir 2017 mendatang. (cr1/ila/mg1)