RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Tema lingkungan diusung pasangan calon nomor urut dua, Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi, dalam kampanyenya kemarin (6/11). Bertempat di Selokan Tanjungkiri, Gedongkiwo, Mantrijeron, Jogja, pasangan ini menebar benih ikan dan mancing bersama.

“Menebar benih ini sebagai wujud menjaga kelestarian lingkungan air. Jangan sampah yang dibuang ke selokan atau sungai, tapi ikan,” ujar Calon Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS).

Menurutnya, kampanye dengan menebar benih ikan itu juga sebagai bentuk edukasi ke masyarakat sekitar. “Jangan buang sampah ke sungai, karena ada ikannya,” lanjutnya.

HS juga mengingatkan sudah saatnya untuk menghentikan eksploitasi sungai. Dalam konsep yang akan dikembangkan, aliran sungai maupun selokan di Kota Jogja bisa bersih. Salah satunya dengan menata hunian di sekitarnya. “Sudah dimulai dengan menjadikan sungai halaman depan,” ujarnya
Calon Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (HP) menambahkan, penciptaan lingkungan yang sehat, yang wilayahnya dialiri sungai maupun selokan, menjadi bagian dari pengembangan kampung kreatif. Selain agar nyaman dihuni, juga bisa dikembangkan jadi wisata.

“Dengan lingkungan yang bersih, bisa dijadikan lokasi memancing itu juga menjadi indikator air di kota layak,” jelasnya.

HP mengatakan sudah saatnya sungai menjadi berkah bukan lagi sebagai bencana. Kampung yang wilayahnya dilewati sungai, ia menjanjikan Pemkot Jogja akan memfasilitasi dengan memberikan stimulan. “Yang kami inginkan di tiap kampung secara mandiri mengembangkan potensinya, pemkot hanya memfasilitasi,” ujar alumni Fisipol UGM ini. (pra/laz/ong)