RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Ada saja ulah para pencuri dalam menjalankan aksinya. Seperti dilakukan Budi Priyo Laksono, 41. Warga Slawi, Tegal, Jawa Tengah ini nekat nyolong sepeda motor milik Galih Surya Mahardika yang tinggal di Regoyudan, Sinduadi, Mlati. Modus yang dilakukan Budi bersama dua rekannya memang cukup kebangetan. Terlebih, antara pelaku dan korban saling mengenal.

Berdalih kemalaman, tersangka yang sedang bertamu di rumah korban lantas ditawari menginap. Namun, tanpa sepengetahuan korban, Budi menggondol sepeda motor dan pergi tanpa pamit.

Kapolsek Mlati AKP Supriantoro menjelaskan, pelaku beraksi memanfaatkan kelengahan korban. “Motor korban digadai kepada temaan dari istri pelaku,” jelasnya di Mapolsek Mlati kemarin (4/11).

Tersangka tertangkap setelah hampir setahun buron. Dikatakan Supriantoro, kejadian itu terjadi pada 20 Desember 2015.

Di tempat terpisah, polisi menangkap dua pencuri dengan modus serupa di Rununawa Jongke Kidul, Sendangadi, Mlati. Keduanya adalah Triok Ari Priayanto,26 dan Abdul Azis,19. Para pelaku adalah tamu Ponidjan, 38, salah seorang penghuni rusunawa. Saat korban lengah, pelaku menuju ke tempat parkir rusunawa dan menggasak dua sepeda motor berjenis Honda Kharisma dan Yamaha Vega. “Kedua pelaku kami tangkap di kediamannya masing-masing,” jelasnya.

Atas perbuatan mereka, ketiga tersangka pencurian kini mendekam di sel Mapolsek Mlati. Ketiganya dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.(bhn/yog/ong)