(Foto: Ilustrasi Dok. Radar Jogja Online)
RADARJOGJA.CO.ID, KULONPROGO – Kampanye Pilbup Kulonprogo sudah dimulai sejak 28 Oktober 2016. Namun, jadwal kampanyenya baru dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat kemarin.

“Jadwal kampanye masih kami susun. Akan kami buat selang-seling harinya. Kampanye libur saat Maulud Nabi, Natal dan Tahun Baru,” kata Ketua KPU Kulonprogo Isnaini.

Padahal kampanye kedua pasang kandidat telah dimulai 28 Oktober namun belum terjadwal. Kondisi ini menyulitkan pengawasan dan pemantauan pilbup.

“Mestinya penyelenggara segera menentukan jadwal kampanye, biar tidak amburadul,” kata Kanit I Intelkam Polres Kulonprogo Ipda Nunung Tuhono saat rapat koordinasi Desk Pilkada di Pemkab Kulonprogo, belum lama ini.

Menurut Nunung, di internal kepolisian sudah menjadi prosedur setiap kegiatan kampanye dilakukan pengawasan dan laporan kegiatan. Namun sejak masa kampanye dibuka tidak ada jadwal pasti sebagai dasar pengawasan. Hal ini berbeda dengan kampanye Pilwali Kota Jogjakarta yang sudah terstruktur.Sementara suasana kampanye Pilbub 2017 di Kulonprogo juga masih adem. Dua paslon lebih banyak menghadiri kegiatan masyarakat. Tim sukses juga belum menyusun jadwal kampanye. Sehingga jadwal kegiatan juga tidak jelas.

“Atau mungkin karena ini masih awal, banyak yang hanya menghadiri undangan,” kata Nunung. (tom/iwa/mar)