RADARJOGJA.CO.ID-JOGJA-Jika selama ini parkir di Sekaten atau Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) jauh dari tarif normal, mulai tahun ini bakal ditertibkan. Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jogja Sulistyo menegaskan, parkir di Sekaten tidak boleh melanggar aturan yang berlaku.

“Parkir tentu akan kita tertibkan, tidak boleh ada yang menarik sendiri (diluar ketentuan Perda),” tegas Sulistyo.

Jika mengacu dengan Perda No 19 tahun 2009 tentang Tarif Parkir, di tepi jalan umum (TJU) atau pinggir jalan, tarifnya hanya Rp 1 ribu. Sedangkan di tempat khusus atau lahan personal, tarifnya Rp 2 ribu untuk dua jam pertama.

Tapi, dalam realitasnya, setiap penyelanggaraan Sekaten, juru parkir (jukir) bebas seenaknya menentukan tarif parkir. Tahun lalu saja, untuk tarif parkir bisa mencapai Rp 3 ribu untuk sepeda motor. “Tentunya akan diatur lagi. Jangan sampai ada yang memanfaatkan,” lanjutnya.

Sulis mengaku hingga saat ini belum melakukan koordinasi lagi terkait pelaksanaan PMPS 2016. Tapi dirinya mengatakan sudah mengetahui tahapan penyelenggaraan PMPS, yang akan dimulai pada 18 November 2016 nanti. “Sebelas November mulai didata berapa stan dan lokasi parkir,” ujarnya. (pra/eri)