RADARJOGJA.CO.ID-Pemkab Purworejo tidak bisa berbuat banyak soal kekurangan guru dengan adanya moratorium PNS. Kini mereka juga menghadapi kekurangan PNS untuk tenaga di kelompok tertentu. Yakni pegawai dari golongan II untuk menduduki posisi penjaga, administrasi dan teknis tertentu serta driver.

“Di luar guru SD yang akan terus berkurang sampai tahun 2020, kita memiliki kekurangan tenaga pada kelompok tertentu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setda Purworejo, Sigit Budi Mulyanto.

Guna menutup kebutuhan itu, ada beberapa pegawai wiyata bhakti yang diperbantukan. Mereka tidak memiliki gambaran pasti, apakah pada 2019 nanti bisa melakukan rekruitmen lagi, paska tidak berlakunta moratorium. Selain itu, pemkab fokus dalam pemerataan jumlah pengawai pada tiap SKPD yang ada.

“Kita akan melakukan pemetaan dan penataan pegawai, apalagi ada SOT baru. Ada dinas yang hilang tapi ada juga yang muncul. Ini kita sikapi sehingga nantinya penempatan pegawainya bisa tepat,” tandasnya. (udi/dem)