Wakil Ketua Komisi C DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji. (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)
RADARJOGJA.CO.ID – Polusi udara yang diduga berasal dari pabrik aspal yang dikeluhkan warga Dusun Pendem, Tegaltirto, Sleman mendapat perhatian serius DPRD Bantul.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji melihat pabrik aspal yang terletak di Tegalyoso, Piyungan tersebut perlu memperbaiki saluran pembuangan limbah udara. Baik dengan cara meninggikan cerobong asap atau memasang filter. “Biar tidak timbulkan polusi udara,” kata Eko, Kamis (3/11).

Politikus PPP ini menambahkan, kasus polusi udara di Bantul tidak hanya terjadi kali ini saja. Limbah udara beberapa pabrik di wilayah Bantul barat juga pernah dikomplain warga. Untungnya, pihak pabrik kemudian merespons dengan melakukan perbaikan.

“Kasusnya sudah lama,” ucapnya.

Agar warga tak semakin dirugikan, Eko meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul segera menindaklanjuti keluhan warga Sleman tersebut.

Namun, Eko menyadari penyelesaian persoalan ini membutuhkan komunikasi lintas sektoral. Antara Pemkab Bantul, Sleman, dan Pemprov DIJ. Mengingat, dampak limbah udara mirip dengan limbah air.

“Karena limbah udara dan air ini ke mana-mana,” tandasnya. (zam/mar)