RADARJOGJA.CO.ID-Trotoar sebagai fasilitas umum pejalan kaki banyak yang berubah fungsi di Kabupaten Purworejo. Tidak saja dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjualan. Pada beberapa titik dimanfaatkan sebagai areal parkir.

“Trotoar beralih fungsi dan ini merampas hak pengguna jalan,” kata Ketua Fraksi FKB DPRD Kabupaten Purworejo, Muh Dahlan.

Tidak sekedar mendapat laporan dari masyarakat, pihaknya melakukan penelusuran di berbagai tempat dan mendapati alih fungsi trotoar tersebut. Dalam catatan fraksinya, tempat-tempat yang selama ini dimanfaatkan untuk kegunaan lain adalah totoar di Jalan Kolonel Sugiono yang digunakan untuk tempat parkir. Demikian juga trotoar di Jalan Jenderal Sudirman.

“Sedangkan trotoar untuk parkir armada taksi, parkir anak sekolah dan tempat pedagang kaki lima ada di Alun-Alun Purworejo,” ungkapnya.

Kondisi terparah adah di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan dimana trotoar nyaris dikuasai pedagang kaki lima dan mengakibatkan ruas trotoar amat sedikit.

“Parkir di KH Dahlan itu itu tidak hanya siang saja tapi dari pagi hingga malam hari,| tegas Dahlan.

Menyikapi kondisi itu, dia meminta Pemkab Purworejo bisa bertindak tegas dan menegakkan aturan yang ada. Sehingga fasilitas umum bisa benar-benar berfungsi maksimal dan tidak ada pemanfaatan kepentingan yang lain. (udi/dem)