Gubernur DIJ Hamengku Buwono X melantik Satgas Saber Pungli di Aula Pam Obvit, Mapolda DIJ, Selasa (1/11). (Foto: Setiaky Kusuma/Radar Jogja Online)
JOGJA – Bagi para pejabat negara dan pegawai negeri sipil (PNS)/pegawai pemerintah yang masih hobi melakukan pungutan liar (pungli) kepada masyarakat segera lah bertobat. Itu bila Anda tidak ingin terkena imbasnya. Sebab, Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X telah meresmikan keberadaan satgas sapu bersih pungutan liar (saber pungli).

Gubernur DIJ HB X mengatakna, tim satgas pemberantasan pungli harus menyasar semua sektor pelayanan. Karena itu, gubernur mengimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota di DIJ juga membentuk tim saber pungli.

“Pelayanan yang ada di pemprov, pemkot/pemkab maupun di kelurahan, dan pelayanan fasilitas umum lainnya,” jelas HB X.

HB X mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam optimalisasi pemberantasan pungli. Menurutnya, laporan masyarakat lebih mudah ditindaklanjuti daripada menunggu progres kinerja satgas. “Jikaa masyarakat merasa jadi korban atau memergoki ada pungli, segera laporkan. Tapi, jangan fitnah lho ya,” pinta HB X.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIJ Tony Spontana mengaku banyak menerima aduan pungli dari masyarakat. Namun, dari laporan yang masuk belum satupun yang mengarah ke ranah pidana. Sebab, alat bukti yang minim dan banyak yang ingin menyelesaikan dengan jalur kekeluargaan. “Rata-rata masih kami klarifikasi,” terang Tony. (bhn/ama)