Tampil Menawan Setiap Saat
Tren make up semakin berkembang. Tak sekadar kosmetik yang membuat penampilan lebih menawan. Tangan-tangan terampil make- up artist jugalah yang bisa mewujudkannya.

JOGJA-Tren make up atau tata rias semakin berkembang. Banyak kaum wanita ingin berdandan lebih sempurna lagi. Tak sedikit dari mereka mempercayakan kepada make up artist (MUA). Dan kini profesi MUA juga semakin banyak peminatnya.

Di mata MUA Evita Febiana, tren make up saat ini semakin berkembang. Menurutnya, saat ini yang sedang menjadi tren adalah smoky eye. Tren ini lebih menonjolkan riasan di bagian mata masih jadi tren sampai sekarang. “Aplikasi warnanya lebih dominan coklat soft yang di mix dengan coklat tua atau abu-abu tua,” jelasnya.

Menurut Evita tren rias smoky eye ini bisa digunakan dalam riasan ke kantor sehari-hari. Untuk para pekerja kantoran, foundation yang digunakan adalah jenis liquid yang cair. Kemudian untuk jenis bedak sebaiknya menggunakan jenis bedak padat. “Karena aktivitas kerja tidak menyempatkan mereka membenahi dandanannya. Foundation liquid cair dan bedak padat ini membuat riasan mereka lebih tahan lama,” tambahnya.

Riasan wajah untuk aktivitas kantor ini bisa ditambahkan dengan bulu mata dan eyeliner. Untuk lipstik bisa menggunakan warna merah atau peach. “Bisa juga ditambahkan dengan blush on warna pink muda agar wajah terlihat lebih segar,” sarannya.

Berbeda dengan riasan kantor, riasan wajah untuk para mahasiswi yang kesehariannya ke kampus lebih simple. Mereka bisa menggunakan BB cream sebagai alas bedak yang tidak terlalu mencolok. Kemudian ditambahkan bedak tabur warna senada agar tetap menunjukkan warna asli kulit. Untuk lipstik sebaiknya menggunakan warna soft. Seperti pink muda.

Sebelum merias wajah, Evita menyarankan agar memperhatikan jenis kulitnya masing-masing. Jenis kulit yang kering harus menggunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation. “Kalau untuk kulit berminyak bisa memakai foundation yang matte. Ini bisa mengurangi produksi minyak yang akan merusak riasan,” tuturnya.

Sebagai MUA yang sudah lama bergelut di bidangnya, dalam sehari Evita bisa merias 7-8 orang. Karena itu, banyak relasi yang cocok dengan hasil riasannya. “Biasanya saya tanya dulu untuk acara apa dan warna baju apa yang akan dipakai. Jadi riasannya tidak kontras dengan baju mereka,” kata mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan tersebut. (cr1/din/ong)