Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat memberikan sambutan pada acara MoU dengan empat Kabupaten di Jawa Timur terkait pertukaran wisata pelajar di kawasan Hutan Pinus Desa Mangunan, Dlingo pada Senin (31/10). (Foto: Heri Susanto/Radar Jogja Online).
BANTUL – Hutan Pinus yang terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul memang populer bagi pelancong tak terkecuali bagi fotografer untuk keperluan pre-wedding. Deretan pinus yang tumbuh subur teratur tak kalah cantik dengan hutan-hutan yang sering dijadikan sebagai lokasi syuting film di luar negeri.

Hutan Pinus Mangunan, begitulah bagian dari hutan di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan yang ditumbuhi tanaman Pinus merkusii ini disebut. Lokasinya yang bisa ditempuh searah dengan situs makam Raja-Raja Imogiri. Padahal, hutan pinus tersebut terletak di kecamatan Dlingo.

Baca Juga : http://www.radarjogja1.test/bantul-gagas-pertukaran-wisata-pelajar/
Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, kawasan Mangunan merupakan sebuah tanah tandus yang kemudian direboisasi. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih juga ditanam di lahan yang luasnya kurang lebih 500 Ha ini.

Kini kawasan Mangunan, terutama bagian yang ditanami pohon pinus tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung tapi juga dikelola sebagai salah satu tujuan wisata. Berbagai fasilitas wisata seperti gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushola dan warung-warung sederhana pun telah di bangun di kawasan wisata ini.

Sebagai pelengkap, di objek wisata ini juga terdapat sumber mata air Bengkung yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Untuk menemukan situs mata air yang kemudian dibangun pemerintah Belanda pada tahun 1925 hingga 1930 ini ada beberapa jalan yang bisa ditempuh, bisa dengan trekking dari tempat parkir menembus hutan yang rapat mengikuti jalur outbond Watu Abang atau jalan melingkar yang lebih jauh namun bisa ditempuh dengan sepeda atau sepeda motor. (eri/ama)