Pemenang Kreasi Senam Sehat 2016 Radar Jogja dan Perwosi Gunungkidul
Rezeki bisa datang dari mana saja. Itu pula yang dialami penerima hadiah utama dalam Kreasi Senam Sehat 2016 Radar Jogja dan Perwosi Gunungkidul di Alun-Alun Wonosari, kemarin (30/10). Seorang penjual sate keliling langsung sujud syukur dan menangis histeris saat nomor undiannya dinyatakan memenangi door prize utama.

GUNAWAN, Gunungkidul

ENDING Senam Kreasi Sehat 2016 kerja sama Jawa Pos Radar Jogja dan Perwosi Gunungkidul didukung oleh Pemkab Gunungkidul sangat menyentuh hati. Betapa tidak, tangis haru penjual sate keliling bernama Susi menyeruak saat panitia mengumumkan nomor pemenang undian.

Dari kejauhan, ibu paruh baya yang membawa gendongan itu lari terengah-engah. Dengan baki terikat tali yang dikalungkan di lehernya, penjual sate keliling tersebut menyodorkan nomor undian seperti yang diteriakkan panitia.

Setelah dipastikan cocok, perempuan kelahiran 31 Desember 1971 itu diminta naik ke panggung utama. Warga Gunungsari RT/RW 005/007, Bejiharjo, Karangmojo itu dinyatakan mendapatkan hadiah sepeda motor.

Mendengar itu, dia seperti tidak percaya dengan keberuntungan yang baru saja diperoleh. Matanya berlinang. Tubuhnya lunglai, lantas dia tersungkur dan langsung sujud syukur. “Ya Allah alhamdulillah. Ini berkah ya Allah, terima kasih Radar Jogja,” ucapnya.

Terhitung lebih dari lima kali Susi sujud syukur. Semua mata langsung tertuju kepada ibu yang diketahui beranak tiga itu. Seolah ikut bahagia, haru, dan ikhlas menerima kenyataan bahwa penerima hadiah utama ya memang ibu tersebut. Bahkan seorang biduan pengisi acara hiburan sempat tak kuasa menahan haru. Susi lantas dipeluknya, kemudian diberi air minum. Barulah Susi mulai terlihat tenang.

Oleh panitia Susi diberi replika kunci kendaraan di depan motor yang dimenanginya. “Ibu, ini rezeki untuk anda. Semoga bermanfaat,” kata Ketua Panitia Kreasi Sehat Sehat 2016 Joko Suhendro.

Ditemui usai serah terima hadiah, Susi menjawab setiap pertanyaan Radar Jogja masih dengan suara gemetaran. Untuk kesekian kalinya dia mengucap syukur dan berterima kasih karena memperoleh hadiah utama.

“Saya beli 15 kupon undian. Saya tadi berangkat pagi-pagi sambil jualan sate,” kata Susi.

Nomor keberuntungan itu sebelumnya diundi langsung oleh Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi. Secuil kertas itu oleh Immawan dimasukkan ke dalam amplop Jawa Pos Radar Jogja, untuk kemudian dibuka diakhir acara. “Dan, ternyata saya pemenangnya,” ungkapnya senang.

Susi mengungkapkan, selama dua minggu dia berjualan selalu sepi pembeli. Tak banyak sate yang mampu terjual, meski dia sudah berkeliling menyusuri perkampungan. Namun, ternyata Allah memberikan kuasanya. “Ternyata dua minggu dagangan sate sepi pembeli itu tanda bahwa Allah mau beri rezeki yang lebih banyak,” ucapnya sambil bergerai air mata.

Istri dari Priyanto ini mengungkapkan, akan menggunakan motornya untuk berjualan sate. “Ke depan semoga dimudahkan dalam melancarkan rezeki. Tidak perlu jalan kaki lagi untuk jualan, namun bisa naik motor ini,” ungkapnya.(ong)